Sinta Dewi Ranti Unjuk Kemampuan melalui Batik

0 236

Sinta Dewi Ranti Unjuk Kemampuan melalui Batik

Menggambar dan membatik menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Dengan melukis, dapat mengungkapkan seluruh perasaannya di tengah kondisinya yang menyandang tuna rungu dan wicara. Dialah Sinta Dewi yang akrab disapa Sinta. Sinta mampu menunjukkan karya-karya batiknya yang mempunyai nilai seni dan nilai jual tinggi. Bahkan Sinta menjadikan batik sebagai sumber mata pencariannya.

Sinta tinggal di Dusun Sawahan, Desa Pancuranmas, Kecamatan Secang Kabupaten Magelang, sama sekali tidak menunjukan kelelahan, tapi gadis itu tetap semangat menyelesaikan kain batik pesanan salah seorang pelanggannya. Di sudut ruangan, terdapat beberapa peralatan membatik seperti canting dan kain-kain batik yang sudah jadi dan setengah jadi. Sinta pernah bekerja ikut pengusaha batik di Kota Magelang, penghasilan yang diterimanya tidak mencukupi untuk menutup kebutuhannya sehari-hari.  Bahkan karya batiknya yang sering dihargai mahal konsumen, tetapi uang yang diterimanya kecil. Lantas, Sinta pun memutuskan untuk keluar dari perusahaan tersebut. Sinta kemudian menjajal membatik sendiri di rumah dengan modal kecil. Karena Sinta tekun, dia tidak menyerah ketika batik karyanya rusak, atau tidak laku.

Sampai akhirnya, hasil karyanya itu disukai konsumen, meski sampai saat ini, batik karyanya masih sebatas dititipkan pada para pengusaha batik, karena di rumah belum dikenal orang.  Batik buatan Sinta cukup khas dengan variasi motif truntum jagat, sulur-sulur, ketela, kupu-kupu, cempaka, sampai bunga kecubung. Mayoritas bermotif alam.

Source http://glo-batik.blogspot.co.id/ http://glo-batik.blogspot.co.id/2016/04/inovasi-batik_58.html
Comments
Loading...