Setelah Ciptakan Batik Alquran, Alpha Ingin Menggelar Festival Batik Alquran Berskala Internasional

0 73

Setelah Ciptakan Batik Alquran, Alpha Ingin Menggelar Festival Batik Alquran Berskala Internasional

Alpha Fabela Priyamono, pemilik Batik Mahkota Laweyan, menjadi inisiator pembuatan batik mushaf Alquran. Baginya, dengan membuat batik Alquran, maka orang-orang akan membaca Alquran. Setelah membaca, Alpha berharap orang-orang bisa mendalami dan memahami isi Alquran.

“Ini sebetulnya pelajaran bagi kami ke masyarakat, menulis membaca Alquran, syukur-syukur mendalami, syukur-syukur memahami, melaksanakan,” jelas Alpha.

Menurut Alpha, dengan cara seperti ini Alquran bisa dijadikan sebagai media dakwah, yaitu dengan perantara batik. “Akhirnya kami bisa menyimpulkan, sebetulnya batik itu bisa untuk dakwah,” kata Alpha.

Selain itu, Alpha pun berharap untuk bisa mengadakan festival batik Alquran di Solo. Alpha sebenarnya ingin menggelar festival batik, selain Solo Batik Carnival yang menjadi acara tahunan di kota Solo. “Kami ingin membuat Solo International Alquran Batik Festival,” katanya.

Dalam acara tersebut, pihaknya akan mendatangkan pelajar-pelajar dari berbagai negara untuk berpastisipasi dalam proses pembuatan batik Alquran. “Mendatangkan pelajar-pelajar asing ke sini untuk ikut njiplak, ikut membuat motif sesuai budaya mereka,” jelas Alpha.

Ia melanjutkan, nantinya perwakilan pelajar dari sejumlah negara tersebut akan menyumbangkan motif batik. Motif batik itu akan dijadikan bingkai dari mushaf Alquran yang sebelumnya telah dijiplak di atas kain terlebih dahulu. “Minimal itu adalah suatu sumbangan motif-motif budaya mereka,” tutupnya.

Source http://solo.tribunnews.com http://solo.tribunnews.com/2018/08/30/setelah-ciptakan-batik-alquran-alpha-ingin-menggelar-festival-batik-alquran-berskala-internasional
Comments
Loading...