Seragam Batik

0 338

Seragam Batik

Seragam sendiri merupakan seperangkat pakaian standar yang dikenakan oleh anggota suatu organisasi sewaktu berpartisipasi dalam aktivitas organisasi tersebut. Seragam digunakan di beberapa tempat kerja, sekolah, penghuni penjara, PNS, polisi, dan lain sebagainya. Sekarang banyak pegawai-pegawai restauran dan pedagang kaki lima juga menggunakan seragam kerja kantor. Seragam dibuat secara khusus dalam hal desain, warna, serta atribut dan diproduksi dalam skala kecil maupun besar oleh tailor maupun garmen.

Di Indonesia seragam khususnya untuk seragam sekolah mulai dikenalkan selama masa kolonial Belanda. Peran seragam yaitu sebagai simbol disiplin, simbol kesatuan, sebagai identitas, serta simbol profesionalitas. Seragam kerja biasanya bagi perusahaan negeri atau swasta beranggapan seragam menjadi identitas diri, bahkan telah menjadi kebanggaan. Maka tak jarang, banyak perusahaan berusaha menciptakan seragam dengan trendi, berkelas, dan keren.

Saat pemilihan seragam juga harus dipilih dari kenyamanan dan berciri khas, selain itu juga terlihat unik dan berbeda dari tempat kerja lainnya. Mungkin salah satu pemilik perusahaan ataupun karyawan yang hendak memilih busana sebagai seragam kantor. Anda bisa memilih seragam yang berbahan kain batik.

Saat ini sudah banyak instansi pemerintah atau perusahaan yang menggunakan batik sebagai seragam, misalnya sekolah, kantor pemerintah, kantor swasta, dan lain sebagainya. Mungkin seragam batik identik dengan acara kondangan, namun jika batik diubah dengan sedikit motif yang mencirikhaskan instansi yang memakainya akan tetap terlihat berbeda. Motif batik sangat fleksible dan bisa disesuaikan dengan seragam instansi yang hendak dibuat. Misal, jika sebuah instansi membuat seragam batik motif kawung yang diselingi dengan logo perusahaan tertentu. Maka itu sudah menjadi seragam perusahaan tertentu, bukan hanya sekedar seragam batik motif kawung biasa.

Source Seragam Batik Batik
Comments
Loading...