Senyum Perajin Batik Besurek Bengkulu Mulai Mengembang

0 91

Senyum Perajin Batik Besurek Bengkulu Mulai Mengembang

Batik yang berasal dari Provinsi Bengkulu biasa disebut kain Besurek kembali bergeliat. Para perajin yang dalam beberapa waktu lalu hampir putus asa karena gempuran batik cetak pabrikan atau printing, kini sudah mulai bisa tersenyum. Karya para pembatik tersebut bahkan sudah menembus pameran tingkat nasional dalam pameran Karya Kreatif Indonesia yang dilaksanakan Bank Indonesia di Jakarta Convention Center. Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufida Jusuf Kalla, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, bahkan sempat singgah di stan Batik Bengkulu tersebut.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bengkulu Christin R Sudabutar mengatakan, saat Iriana dan Mufida melihat jajaran batik kain Besurak Bengkulu langsung mendekat dan mengagumi karya para perajin lokal tersebut. Motif kaligrafi dengan ornamen bunga Rafflesia Arnoldii yang dilukis di atas kain berbahan katun lembut itu langsung dikenali ibu Mufida Jusuf Kalla.

Batik Besurek juga menarik minat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Dia bersama istri yang datang melihat pameran itu langsung tertarik dan membeli beberapa lembar kain batik untuk koleksi. Mereka memilih batik dengan warna dasar yang gelap dengan kombinasi cerah pada huruf kaligrafi.

Salah seorang perajin, Doni Roesmandani mengaku memiliki harapan baru dengan pendampingan yang dilakukan Bank Indonesia. Selain mendatangkan para ahli batik untuk membagi ilmu kepada para perajin, mereka juga diberi pengalaman mengikuti berbagai ajang tingkat nasional. “Ciri kain Bengkulu tetap kami pertahankan, cuma kita yang memiliki ciri kaligrafi ini, kami yakin dengan ciri ini kami akan berkembang,” kata Doni.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/3064662/senyum-perajin-batik-kain-besurek-bengkulu-mulai-mengembang  http://regional.liputan6.com/read/2900533/inspirasi-batik-betawi-bagi-mahasiswa-bengkulu
Comments
Loading...