Senyawa Asam Karboksilat

Asam karboksilat adalah senyawa yang memiliki gugus – COOH dengan rumus struktur R – COOH dan rumus molekul secara umum CnH2nO2.

Tata nama asam karboksilat

Asam karboksilat diberi nama mengikuti nama alkana dengan jumlah atom C yang sama, dengan mengganti akhiran “-ana” menjadi “-anoat”. Di depan nama alkanoat diberi nama asam. Untuk penomoran selalu dimulai dari C gugus fungsi berikut.

Tabel Contoh beberapa senyawa asam karboksilat.

Rumus molekulRumus struktur Nama Senyawa
CH2O2Asam metanoat/ asam formiat
C2H4O2Asam etanoat/ asam asetat
C4H8O2Asam-2-metil propanoat

Sifat-sifat asam karboksilat

  1. Wujud zat pada suhu ruang: senyawa karbon dengan jumlah C1 s/d C4 berupa cairan encer dan mudah larut dalam air, senyawa karbon dengan jumlah C5 s/d C9 berupa cairan kental seperti minyak dan  sedikit larut dalam air, dan senyawa karbon dengan jumlah C10 atau lebih berupa zat padat dan sukar larut dalam air.
  2. Asam karboksilat bersifat asam lemah.
  3. Asam karboksilat dapat bereaksi dengan basa membentuk garam dan air. Reaksi ini disebut reaksi penetralan. Contoh: CH3COOH + NaOH  CH3COONA + H2O
  4. Asam karboksilat dapat bereaksi dengan alkohol menghasilkan ester. Reaksi ini disebut reaksi esterifikasi  (reaksi pembentukan ester). Contoh: CH3COOH +CH3 – OH  CH3COOHCH3 + H2O

Leave a Comment