Sentra Perdagangan Batik di Sumedang

0 148

Disperindag Sumedang akan Bangun Sentra Perdagangan Batik

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kab. Sumedang akan membangun sentra perdagangan batik. Sentra perdagangan batik tersebut, akan menampung sekaligus memasarkan batik dari berbagai daerah, khususnya di wilayah Jawa Barat.

Manfaat yang sangat penting dengan membangun sentra perdagangan batik, akan merangsang munculnya para perajin batik di Sumedang. Sekaligus juga, bisa menumbuhkan minat masyarakat untuk memproduksi batik.

Peluang yang sangat positif. Selain bisa menumbuhkan program ekonomi kreatif di bidang usaha batik, juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat Sumedang. Bahkan dengan mengembangkan produksi batik, kita berpartisipasi secara nyata melestarikan seni dan budaya bangsa, khususnya seni dan budaya Sumedang.

Untuk lokasi, alternatif sementara akan ditempatkan di wilayah Sumedang kota, yakni di daerah Ketib, Kec. Sumedang Utara. Selain lahannya tersedia, juga akses transportasinya cukup strategis yang bisa dijangkau dari kabupaten lainnya.

Seiring rencana membangun sentra perdagangan batik, pihaknya pun akan merangkul para perajin batik sumedang yang tersebar di beberapa daerah. Setelah itu, para perajin akan dikelompokan ke dalam wadah asosiasi perajin batik sumedang. Upaya itu sangat penting. Sebab, dengan mengelompokan para perajin, kontinyuitas produksi akan terjamin. Begitu pula ketersediaan tenaga kerja dan bahan baku, akan mudah diperoleh.

Oleh karena itu, Disperindag akan secepatnya mewadahi para perajin batik dalam kelompok asosiasi. Terlebih selama ini, keberadaan para perajin masih tersebar di beberapa daerah. Kendala lain, kegiatan usahanya masih parsial. Dari mulai produksi, pemasaran hingga akses permodalannya dilakukan sendiri.

Source Sentra Perdagangan Batik di Sumedang Batik
Comments
Loading...