Sentra Batik Wonogiri

0 196

Sentra Batik Wonogiri

Pada zaman dulu Batik Wonogiren ini termasuk batik yang sangat jarang dan langka. Salah satu sebabnya adalah terbatasnya jumlah pengrajin dan kurangnya perhatian dari pemerintah. Namun, karena Usaha Kecil Menengah atau UKM Batik Wonogiren adalah warisan budaya asli yang harus di lestarikan, maka Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kabupaten Wonogiri menyediakan showroom khusus sentra batik khas Wonogiren tersebut.

Sentra Batik Wonogiren bisa dijumpai  di Jl. Ir Sutami no. 4 Wonogiri. Terdapat lebih dari 13 Industri Kecil Menengah atau IKM batik Wonogiren yang dipajang, selain pengrajin yang tersebar di wilayah Wonogiri.

Dengan adanya Sentra Batik Wonogiren makin mudah bagi konsumen untuk mencari batik asli dari Wonogiri. Pemasaran batik juga akan semakin mendongkrang pendapatan daerah Wonogiri. Pembukaan sentra batik ini baru dilakukan pada tanggal 3 Maret 2015 lalu. Bertepatan dengan HUT Dekranasda ke 35.

Industri Kecil Menengah Batik Wonogiren rata-rata berada di luar kota. Paling banyak terdapat pada Kecamatan Tirtomoyo. Pada kecamatan ini terdapat beberapa pengrajin batik yang masih menggunakan cara tradisional untuk membuatnya, yaitu menggunakan biji buah malam, dan juga canting.

Batik Wonogiren mempunyai karakter unik dalam corak batiknya, menggunakan dasaran warna kuning kecoklatan, beberapa corak bisa dikenali, ada corak Bledak yang digambarkan dengan lukisan bunga, dan corak Babaran berupa guratan pecah. Ragam corak yang dimiliki saat ini juga disesuaikan dengan selera pasar, biasanya cenderung melakukan kombinasi yang beragam antara motif tradisional dan motif modern.

Banyak dari corak dan Motif Batik Wonogiren yang terinspirasi dari pengembangan motif batik klasik dari Keraton Mangkunegaran, Surakarta. Namun sekarang motif batik banyak dipengaruhi oleh adanya tren yang berkembang di masyarakat.

Source Sentra Batik Wonogiri Batik
Comments
Loading...