Sentra Batik Tasikmalaya

0 524

Sentra Batik Tasikmalaya

Sentra industri batik Tasikmalaya sudah ditetapkan sebagai pusat penjualan batik oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya. Terletak di Kampung Ciroyom dan Cigeureung, Kelurahan Nagarasari  Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya tidak jauh dari pusat kota. Saat ini tidak kurang dari 28 unit usaha UKM yang menekuni industri batik yang menyerap 409 tenaga kerja dan mampu menciptakan hasil produksi senilai Rp.8,49 milyar.

Daerah ini sangat mudah diakses, konsumen yang datang dari arah Bandung atau Jakarta bisa mengambil jalan lurus dari rajapolah sekitar 30 menit, hingga berada di perempatan Toserba Yogya dan mengambil belokan ke kiri. Di perempatan Yogya Mitra Batik tersebut sudah terpasang gapura besar bertuliskan Sentra Kerajinan Batik Tasikmalaya. Dari situ tinggal lurus mengikuti jalan sekitar 10 menit, melintasi rel dan sudah mulai terlihat toko-toko yang menjual batik tasik. Mulanya daerah Cigeureung merupakan salah satu dari beberapa daerah yang cukup tertinggal di tasikmalaya.

Penduduk sekitar tidak memiliki pekerjaan tetap dan kebanyakan menggantungkan hidupnya sebagai buruh tani, tukang becak, membuka warung kecil dll. Sekarang, dengan menggeliatnya industri rumahan batik mulai tampak secara kasat mata perbaikan secara ekonomi. Kedepan tentu diharapkan daerah ini dapat terus berkembang. Meski tidak mudah, tapi bukan suatu hal yang mustahil kelak batik Tasik dapat berbicara lebih banyak di level nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sinergi antara pihak-pihak yang berkepentigan seperti pemerintah Kota Tasik, perajin batik, pengusaha, indsutri pendukung seperti packaging, penjahit dll. Intinya masa depan Batik Tasik berada pada kalitas Sumber Daya Manusia masyarakat batik itu sendiri agar batik Tasikmalaya bisa terkenal keseluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Source Sentra Batik Tasikmalaya Sentra
Comments
Loading...