Batik Tamanan Kota Bondowoso

0 258

Batik Tamanan

Kota Bondowoso sesuai dengan letak geografis yang berbukit bukit dengan budaya berupa tari topeng kuno dan singo ulung selain itu kuliner khasnya adalah tape maka kebanyakan batik batik yang ada di Bondowoso biasanya menggunakan pola yang sesuai dengan karekteristik masyarakat Bondowoso. Saat berkunjung ke sentra batik tanaman disini akan melihat sendiri pengrajin batik memoles canting mereka yang dicelupkan kemalan kepada selembar kain polos, gambar daun singkong, topeng kona, terkadang gerbong maut, strowbery, kupu kupu menjadi motif paten pengrajin batik Bondowoso, kain yang berwarna warni dengan corak motif membuat kagum begitu indahnya warisan leluhur kita.

Salah satu sentra industri batik ada di Kecamatan Tamanan di sana bisa menemukan aneka batik dengan motif khas Bondowoso, lembaran kain berwarna warni seakan mempunyai filosofi Bangsa memang bhineka.  Salah satu sanggar batik di Bondowoso yang merupakan cikal bakal batik tamanan adalah Sanggar Batik Magenda disana sampai saat ini masih memproduksi batik khas Bondowoso banyak motif yang dibuat disana karya yang bernilai seni tinggi dan serat dengan nilai nilai filosofi adalah ciri khas sanggar batik magenda yang merupakan salah satu industri batik khas Bondowoso, tak hanya di batik magenda selain disana kamu juga bisa mengunjungi Dusun lumbung desa sukosari kecamatan Tamanan yang lokasinya tak jauh dari sanggar magenda.

Sentra batik Tamanan sangat startegis untuk menuju ke sana aksesnya sangat mudah kamu bisa menggunakan transportasi angkutan umum dari terminal Bondowoso menuju ke Kecamatan Tamanan. Dari Alun alun tamanan mungkin kamu bisa melanjutkan dengan kendaraan ojek untuk sampai ke sanggar batik magenda dan kampung batik lumbung.

Source Sentra Batik Tamanan Sentra
Comments
Loading...