Sentra Batik : Senja Bumi Batik Tulis Desa Girilayu

0 59

Desa Girilayu adalah salah satu desa di Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dan merupakan salah satu desa produsen batik tulis yang sudah turun temurun sejak Praja Mangkunegaran berdiri. Bahkan, makam para Raja Mangkunegaran [kecuali Mangkunegara VI] juga berada di Desa Girilayu, lebih tepatnya bernama Astana Mengadeg dan Astana Girilayu. Belum berhenti disitu, Presiden kedua Indonesia Bapak H.M Soeharto juga ikut disemayamkan di komplek Astana Giribangun, berdampingan dengan Ibu Tien Soeharto, yang juga salah satu keturunan Mangkunegaran.

Dengan bangunan Astana Giribangun yang megah dan sejuk untuk berwisata religi. Kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota Solo, seakan terbayar lunas ketika kita akan disambut gerbang besar Desa Batik Girilayu, disusul dengan Astana Giribangun, kemudian Astana Mengadeg, dan diakhiri dengan Astana Girilayu. Tempat yang indah untuk menenangkan hati dengan berwisata ziarah di dalam pesona ramadan 2018 ini. Namun. Selain itu, ada rahasia tersembunyi yang belum diungkap, bahwa di desa yang sangat luas ini, ada para maestro dan seniman batik tulis yang sedang berkarya tanpa kita sadari. Mereka tidak terlihat secara kasat mata, karena tertutup tembok rumah mereka. Horor sekali.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/05/24/pesona-ramadan-2018-melukis-senja-di-bumi-batik-tulis-desa-girilayu
Comments
Loading...