Sentra Batik Rembang

0 468

Sentra Batik di Rembang

Batik merupakan hasil warisan budaya di Indonesia. Keunikan dan proses pembuatannya yang khas membuat batik sangat digemari oleh masyarakat baik dari dalam negeri maupun manca negara, bahkan akhir-akhir ini banyak negara luar yang meniru dan bahkan ada yang mengklaim corak batik tertentu adalah milik mereka. Tetapi sekarang dunia mengakui bahwa kerajinan batik merupakan warisan budaya milik Indonesia.

Seperti daerah lain di Indonesia, Rembang juga mempunyai kerajinan batik dengan motif yang khas. Batik tulis Lasem begitu orang menyebutnya. Ciri khas batik tulis Lasem adalah motif pesisiran dengan corak yang unik yaitu warna dominan adalah merah dan biru. Berbagai motif juga sudah dikembangkan untuk menambah corak, warna dan keunikan batik tulis Lasem diantaranya adalah Motif Naga Kricak, Selendang sekar jagat Violet, Lerek gunung ringgit letohan dan masih banyak lagi motif – motif lainnya.

Sentra batik tulis Lasem terdapat di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Lasem dan Pancur jumlah unit usaha mencapai 1.175 unit usaha dan dapat mencakup 1.596 orang tenaga kerja dengan kapasitas produksi mencapai 38.938 potong per tahun. Untuk dapat melihat atau membeli batik tulis Lasem tidak perlu mengunjungi satu per satu tempat kerajinan tersebut cukup datang ke show room Batik Tulis Lasem Kabupaten Rembang yang terdapat di bekas kantor Kecamatan Lasem Jl. Raya Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang anda dapat melihat hampir seluruh koleksi batik tulis Lasem.

Source Sentra Batik Rembang Batik Rembang
Comments
Loading...