infobatik.id

Sentra Batik Purbalingga

0 64

Sentra Batik Purbalingga

Kabupaten Purbalingga terletak di Provinsi Jawa Tengah, sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Kabupaten Banyumas (Purwokerto). Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara dan sebelah utara dengan Kabupaten Pemalang. Kota Purbalingga lebih dikenal sebagai Kota Perwira. Kota ini juga menyimpan keindahan hasil kerajinan berupa kain batik.

Batik Purbalingga hampir mirip dengan Batik Banyumas, karena Purbalingga memang pernah satu karisidenan dengan Banyumas. Batik di Indonesia digolongkan dalam tiga kategori, yaitu batik keraton, batik pesisiran dan batik pedalaman. Batik Purbalingga termasuk ke dalam kategori batik pedalaman, yang cenderung memiliki motif lebih besar dan ekspresif dengan motif tumbuh-tumbuhan, binatang air, dan binatang kecil seperti tawon dan semut.

Meskipun terbilang sama dan serumpun dengan Batik Banyumas, namun Batik Purbalingga tetap memiliki ciri khas yang berbeda, yaitu memiliki ciri khas pada gaya isian dan ornamen penghias. Adapun motif yang banyak di produksi yaitu Motif Lumbon, Motif Petean, Motif Jahe Srimpang, Motif Kukel, Motif Parangtritis, dan lain sebagainya. Sentra batik di Purbalingga terdapat di Dusun Mindik, Desa Gandasuli, Kecamatan Bobotsari, Kecamtan Karanganyar, Bojongsari, Purbalingga dan Karangmoncol.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-purbalingga/
Comments
Loading...