Sentra Batik Pringmas Banyumas

0 307

Sentra Batik Pringmas Banyumas Mendapat Perhatian Tim Ditjen Sumber Daya Kementrian Riset dan Dikti

Sentra batik Banyumas ada di Desa Papringan, Kecamatan Banyumas. Sentra batik ini menjadi binaan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Purwokerto. Pada Sabtu, 23 Juli 2016 lalu sentra batik ini menjadi perhatian Tim Ditjen Sumber Daya Iptek Kementerian Riset Dikti, yang mengunjungi Sentra Batik Pringmas dengan membawa crew audio visual untuk mendokumentasikan potensi kreatifitas dan inovasi masyarakat. Tim Kementrian Riset Dikti datang dengan didampingi oleh Kepala Unit Komunikasi dan Kordinasi Kebijakan KPw BI Purwokerto Djoko Juniwarto di showroom batik Pringmas.

Melihat sentra batik Papringan, Staff Ditjen Sumber Daya Iptek Kementerian Riset Dikti, Yogi Herdani mengatakan, kunjungan timnya untuk melihat potensi seni kriya lokal, sumber kreatifitas dan potensi inovasi yang ada di masyarakat. “Khususnya yang bisa menjadikan nilai tambah buat kesejahteraan masyarakat” katanya di Sentra Batik Papringan.

Di Papringan ini, lanjut Yogi, tim menemukan potensi seni kriya batik hasil inovasi rakyat. Menurut Yogi, Kementrian-nya tidak saja memfasilitasi potensi-potensi riset Iptek saja, tetapi juga memfasilitasi potensi-potensi riset kriya hasil inovasi masyarakat, seperti kriya batik.

“Bagaimana suatu corak batik tercipta, dan corak batik itu mengandung maksud filosofi apa, kementerian sangat mendukung jika hal ini dijadikan potensi riset komunitas akademis. Pendek kata, kementerian tidak saja membuka peluang riset Iptek, tetapi juga membuka peluang riset antropologis yang berkaitan dengan seni kriya rakyat”, sambung Yogi.

Beliua menghimbau pada komunitas akademis di Banyumas Raya untuk melakukan riset melihat potensi-potensi riset yang ada di Banyumas Raya. Yogi bersama Tim-nya yang berjumlah 6 orang ini memborong beberapa lembar batik tulis berlabel Pringmas karya perajin batik tulis Desa Papringan dengan tanpa menawar harga. Sentra batik desa Papringan banyak mendapat perhatian, dimana sentra batik ini berlokasi di kantong buruh migran di Banyumas.

Source Sentra Batik Pringmas Banyumas Sentra
Comments
Loading...