Sentra Batik Pekalongan Diburu Warga

0 29

Sentra Batik Pekalongan Diburu Warga

International Batik Center & Craft (IBC & Craft) di Jalan A Yani Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, selama musim liburan menjadi favorit warga luar kota untuk berbelanja batik.

Kenaikan kunjungan warga ke sentra batik itu bahkan mencapai 50% dibandingkan liburan sekolah tahun lalu. “Dibandingkan tahun lalu di bulan yang sama, kenaikan jumlah pengunjung cukup signifikan sekitar 50% dan mungkin lebih,” kata pengelola IBC, Teky Apriyanto, kemarin.

Pada hari biasa jumlah pengunjung berkisar antara 1.000 orang. Sedangkan saat musim liburan bisa mencapai 3.000 orang per hari. “Pengunjung didominasi mobil berpelat B. Baru yang lain kendaraan dari daerah seperti Jabar atau Jatim. Ada juga malah yang dari Sumatera dan Kalimantan,” ujar Teky.

Selain batik, IBC & Craft juga menjual oleh-oleh khas Jawa Tengah dan Pekalongan. Jadi, pengunjung tidak perlu berpindah- pindah mencari oleh-oleh lainnya. “Di sini komplet, ada batik yang (harganya) terjangkau sampai yang mahal. Selain batik ada rest area, kuliner, oleh-oleh jajanan, dan pernak-pernik kerajinan,” katanya.

Salah seorang penjual batik, Mudhofar, mengakui jumlah pengunjung mengalami kenaikan hingga 100% saat musim liburan. “Pernah sehari pengunjung sampai penuh di kios. Seperti saat Lebaran banyak pengunjungnya,” ucapnya.

Salah seorang pengunjung, Isnawati, 31, mengatakan, harga batik di IBC terjangkau dan kualitasnya lumayan bagus. Selain itu, lokasi yang bersih menjadi salah satu alasan memilih berbelanja di IBC dibandingkan sentra batik lainnya.

“Tempatnya nyaman dan bersih. Harganya juga bersaing dengan sentra batik lainnya,” ujar warga Tuban, Jatim itu.

Source https://daerah.sindonews.com https://daerah.sindonews.com/read/945512/151/sentra-batik-pekalongan-diburu-warga-1420263902
Comments
Loading...