Sentra Batik Paoman Butuh Perhatian

0 57

Sentra Batik Paoman Butuh Perhatian

Batik merupakan salah satu hasil karya leluhur bangsa Indonesia yang turun temurun. Keberadaan batik ini bisa dinikmati sampai sekarang. Batik sudah diakui oleh Unesco sebagai pakaian khas bangsa Indonesia. Seperti kita ketahui batik di Indonesia terkenal di daerah Yogyakarta, Pekalongan, Cirebon dan beberapa tempat yang lainya. Kabupaten Indramayu mempunyai batik yang mempunyai motif beda dengan batik yang sudah ada.

Keberadaan Batik Indramayu khususnya sentra batik Paoman di Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu ini sudah berlangsung puluhan tahun dan turun temurun. Kebanyakan pengrajin batik tulis lahir di sini. Saat ini masih ada sekitar 20 pengrajin rumahan yang masih bertahan untuk membuat batik. Kalau dahulu pengrajin batik ini lumayan banyak. Penurunan jumlah pengrajin ini disebabkan beberapa faktor misalnya kurangnya pemerintah setempat memperhatikan nasib pengrajin batik dan anak-anak pengrajin kurang minat belajar membatik.

Ibu yuni salah satu pembatik tulis yang masih aktip di Kelurahan Paoman menuturkan para pengrajin yang dahulu banyak semakin tahun semakin berkurang. Disamping itu nilai penghasilan para pengrajin batik ini kurang dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. “Saya belajar batik sejak masih sekolah dasar, orangtua kami yang mengajari cara membatik. Sekarang kami kesulitan, anak kami kurang minat dalam menekuni pekerjaan membatik. Lebih baik kerja selain jadi pengrajin batik”, katanya.

Source http://gemapantura.com/ http://gemapantura.com/2017/09/sentra-batik-paoman-butuh-perhatian/
Comments
Loading...