Sentra Batik : Museum Batik Yogyakarta, Budaya Batik

0 26

Sebagai kota yang juga penuh adat dan budaya Batik, Yogyakarta selalu merupakan tujuan wisata yang tidak ingin dilewatkan. Ditambah iringan lagu Kla Project, membuat suasana semakin memikat romantisme para wisatawan. Museum Batik Yogyakarta adalah museum batik pertama di Yogyakarta didirikan atas prakarsa Hadi Nugroho, pemilik museum. Museum swasta ini terletak di Jalan Dr. Sutomo, Kota Yogyakarta. Bangunan ini dikelola sendiri oleh pasangan suami istri Dewi dan Hadi Nugroho.

Pada 12 Mei 1977, museum ini baru diresmikan oleh Kanwil Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum ini mendiami area seluas 400 m2 dan sekaligus dijadikan tempat tinggal pemiliknya. Kini, museum ini menyimpan lebih dari 1.200 koleksi perbatikan yang terdiri dari 500 lembar kain batik tulis, 560 batik cap, 124 canting (alat pembatik), dan 35 wajan serta bahan pewarna, termasuk malam. Koleksi museum ini terdiri berbagai batik gaya Yogyakarta, Solo, Pekalongan, dan gaya tradisional lainnya dalam bentuk kain panjang, sarung, dan sebagainya. Motifnya kebanyakan berupa motif pesisiran, pinggiran, terang bulan, dan motif esuk-sore.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/04/15/jalan-jalan-ke-museum-batik-tempat-menikmati-keindahan-batik-klasik-indonesia
Comments
Loading...