Sentra Batik Mojokerto

0 190

Sentra Batik Mojokerto

Kota Mojokerto pada zaman dahulu pernah menjadi Ibu Kota Kerajaan Majapahit, yaitu kerajaan besar yang menyatukan Nusantara. Tak heran disini ditemukan banyak sekali peninggalan bersejarah, baik yang sudah ditemukan maupun yang masih terpendam dan tersebar di hampir seluruh wilayah Mojokerto. Seiring dengan berkembangnya Kerajaan Majapahit yang berada di Jawa Timur maka tidak mengherankan jika saat ini masih banyak ditemukan pusat-pusat kerajinan batik yang terus berkembang di Jawa Timur sebagai salah satu peninggalan sejarah dan budaya yang ditorehkan oleh kerajaan Majapahit.

Salah satu daerah di Jawa Timur yang masih mempertahankan serta terus mengembangkan pembatikan dari peninggalan kerajaan Majapahit adalah kota Mojokerto. Bahwa Batik Mojokerto yang di masa lalu berkembang cukup pesat, kini hanya beberapa orang saja yang masih meneruskan tradisi membatik. Keunikan Batik Mojokerto terletak pada nama-nama motifnya yang terdengar asing dan aneh di telinga sebagian orang. Batik Mojokerto memiliki 6 motif yang telah dipatenkan, yaitu pring sedapur, mrico bolong, sisik gringsing, koro renteng, rawan inggek dan matahari.

Sentra batik yang ada di wilayah Mojokerto terdapat di Kwali, Mojosari, Betero, Sidomulyo, Prajurit Kulon dan Magersari. Proses pembuatan pada satu lembar batik di Mojokerto dibutuhkan waktu lama, antara satu minggu hingga satu bulan, karena prosesnya masih tradisional yaitu dengan proses batik tulis. Namun saat ini juga dikembangkan batik cap dan batik printing.

Berbagai upaya untuk mendongkrak usaha batik di Mojokerto telah dilakukan Pemerintah setempat. Mulai dari bantuan dana bergulir tanpa bunga, program pelatihan, hingga bantuan pemasaran.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-mojokerto/
Comments
Loading...