Sentra Batik Malang

0 463

Sentra Batik Malang

Batik malang dikerjakan dengan teknik cap dengan alasan karena faktor tingkat kerumitan dalam pembuatannya, dengan perkembangan jaman dan disadarinya bahwa batik malang merupakan warisan seni budaya Nusantara maka pemerintah setempat kembali menggiatkan para perajin batik untuk kembali pada patron awalnya yaitu dikerjakan kembali dengan tangan seperti dalam proses pembuatan batik tulis. Beberapa motif batik malang memiliki hak paten atas motif batik malang yang tercipta sehingga tidak sembarangan orang boleh memperbanyak.

Sentra perajin Batik Malang yang populer terletak di Desa Druju di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Teknik pembuatan batik Druju sangat berbeda dari batik manapun. Pada umumnya batik dibuat lembaran, selanjutnya baru dijahit menjadi model baju batik kekinian. Berbeda dengan motif batik Druju, cara mengimplementasikan ke dalam baju batik dengan menyambung bagian depan dan bagian belakang sebab ditorehkan setelah kain batik dijahit menjadi busana. Batik druju sangat identik dengan warna hitam yang lebih pekat dari jenis batik manapun. Motif batik malang yang berasal dari desa Druju ini telah menghasilkan lebih dari lima ratus motif batik dan hampir setiap bulan tercipta motif-motif baru yang selalu bersinergi dengan alam seperti hewan dan tumbuhan. Salah satu motif andalan dari batik malang desa Druju yakni motif batik seribu mimpi.

Sentra batik Malang yang lain berada di Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen Kota Malang, Jawa Timur. Batik Malang sampai sekarang belum begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia secara keseluruhan namun pemerintah selalu mengupayakan penggalian motif batik Malang terbaru bersama organisasi terkait lainnya dengan mengadakan pagelaran busana maupun pagelaran budaya untuk mengunggah khasanah budaya serta untuk lebih mem populer kan batik malang.

Source Sentra Batik Malang Sentra
Comments
Loading...