Sentra Batik Magelang

0 296

Sentra Batik Magelang

Setiap daerah pasti memiliki ciri motif yang berbeda, tetapi kebanyakan hanya sebuah imajinasi dan kreasi dari perajin batik yang ada. Saat ini setiap daerah cenderung latah membuat batik. Namun hal demikian justru akan merusak kebudayaan batik itu sendiri, karena makna yang tertuang dalam batik itu sendiri akan kurang mengena. Padahal sebenarnya, batik adalah budaya dimana di dalamnya terkandung filosofi dan ada pesan yang ingin disampaikan. Mengembangkan motif batik tidak salah, namun tetap harus ada budaya Indonesia. Magelang memiliki potensi batik yang bagus, yang dapat dikembangkan lebih serius.

Sentra pembuatan Batik Magelang terdapat di beberapa desa di Magelang yaitu di desa Losari, desa Bayeman, desa Kemirirejo, dan lain sebagainya. Bisa mengunjungi Sekretariat Dekranasda Kota Magelang yang berada di Jalan Cempaka No. 6 Magelang.

Batik Magelang dalam proses pemasarannya masih mengalami kendala, saat ini Batik Magelang masih dalam tahap mencari pasar. Pasar sendiri hingga saat ini masih dalam lingkup masyarakat Magelang dan beberapa kota besar seperti Jakarta dan Semarang. Selain pemasaran, pengembangan batik Magelang juga terkendala sumber daya manusia. Pemerintah Kota Magelang terus berupaya agar batik Magelangan dikenal di masyarakat. Salah satu dengan menjadikan batik menjadi salah satu seragam yang dipakai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Magelang. Selain itu sering diadakan lomba desain Batik Magelang untuk menggali lebih banyak lagi potensi yang akan dijadikan motif batik khas Magelang. Diadakannya pemilihan putera puteri Batik Magelang. Diadakannya pameran yang melibatkan pengrajin Batik Magelang karena bisa menjadi ajang promosi.

Source Sentra Batik Magelang Batik
Comments
Loading...