Sentra Batik Madiun

0 567

Sentra Batik Madiun

Potensi alam yang dimiliki Kota Madiun banyak memberikan inspirasi untuk para pengrajin batik untuk dapat menciptakan motif batik khas Madiun. Tak banyak yang tau jika Madiun menyimpan kain tradisional yang khas yaitu Batik Madiun. Sentra Batik Madiun bisa ditemukan di Desa Kenongorejo Kecamatan Pilangkenceng yang terletak 7 km dari kota Caruban, ke arah Utara. Batik di kawasan ini mengalami puncaknya pada tahun 1960-an, kala itu produksi batik mencapai 6.000 hingga 7.000 lembar setiap bulannya. Kini produksinya merosot drastis, yakni hanya tinggal 100 hingga 300 lembar setiap bulannya. Hal ini karena peminat batik mulai berkurang dan akhirnya kalah dengan tren mode kain dan pakaian dari luar negeri.

Selain itu sentra batik terdapat di Jalan Tuntang, Gang I, Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun. Terdapat pula daerah penghasil Batik Madiun yang berlokasi di Sewulan (Madiun Selatan), yang merupakan daerah dari kerajaan Mataram. Budaya membatik di daerah tersebut saat ini sudah nyaris punah ditelan oleh modernisasi teknologi dimana harga batik printing dan cap lebih murah dan harga batik tulis lebih mahal. Seiring dengan perkembangan zaman saat ini tinggal 5 orang yang berprofesi menjadi pembatik itupun hanya sebagai sambilan usai melakukan kegiatan rutinitas rumah tangga dan usia pembatik inipun sudan tua sedang generasi penerus tak ada yang berminat karena proses pewarnaan (wedel) atau pencelupan harus dibawa ke Bekonang Sukoharjo Jawa Tengah atau Solo.

Dahulu di Kota Ponorogo ada namun pengusaha wedel tersebut meninggal dan diwariskan ke anaknya dan diboyong ke Yogyakarta, usaha wedel tersebut praktis dari tahun 1989 sampai sekarang proses pewarnaannya harus ke Surakarta. Sebenarnya motif batik tradisional Madiun Selatan sama dengan di Solo maupun Yogyakarta antara Lain Semen Romo, Parang Rusak, Sidomukti, Parang Barong, Bledag, dan lain sebagainya. Hanya ada satu motif kembang jeruk dengan pewarnaan colet lebih tegas dan merupakan ciri khas Batik Madiun. Hasil produksi Batik Madiun tidak hanya dijual di wilayah Madiun saja, namun juga di sejumlah luar kota di Pulau Jawa. Seperti Jakarta, Bandung, Batu, Malang, dan sejumlah kota di Jawa Tengah.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-madiun/
Comments
Loading...