Sentra Batik Lamongan

0 287

Sentra Batik Lamongan

Sentra batik ini terdapat di daerah Sendang Duwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Desa ini merupakan salah satu desa keramat karena terdapat Makam Sunan Sendang yang banyak dikunjungi para peziarah dan wisatawan rohani. Desa Sendang Duwur termasuk desa yang sebagian masyarakatnya masih berusaha untuk melestarikan, meningkatkan, serta mengembangkan batik tulis. Keterampilan membatik kebanyakan diperoleh secara turun-temurun, serta mendapat bimbingan dari Dinas Perindustrian Kabupaten Lamongan. Daerah ini terletak dekat pantai atau daerah pesisir.

Desa ini zaman dulu sangat terkenal dengan pekerjaan batu kapurnya, namun kini daerah tersebut sudah terkenal dengan batik tulis yang berasal dari kulit sawo yang diberi nama batik tulis sendang biru ciri khas batik Lamongan. Batik Tulis Sendang Biru merupakan karya seni original yang bernilai tinggi warga Lamongan. Batik ini dikerjakan oleh tenaga terampil dengan desain pilihan dan juga melayani desain atas keinginan para pelanggan. Salah satu khas dari batik di Sendang Duwur ini memiliki warna unik yaitu pewarnanya berasal langsung dari pohon atau kulit sawo.

Industri Batik Sendang Duwur dapat memberikan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat, menjadikan masyarakat sendang duwur juga mengalami peningkatan ekonomi, masyarakatnya yang semakin sejahtera. Kesejahteraan yang didapat yaitu berupa keuntungan dan proses penjualan yang semakin meningkat serta penghasilan para pekerjanya. Yang menjadikan masyarakat desa sendang duwur mempunyai kehidupan yang lebih baik.

Source Sentra Batik Lamongan Sentra
Comments
Loading...