Sentra Batik Khatulistiwa

0 200

Sentra Batik Khatulistiwa

Tekad sebuah kelompok pemuda untuk dapat melestarikan batik, khususnya batik khas di Kalimantan Barat sebagai kearifan nasional boleh diacungi jempol. Berbekal pengalaman membatik semasa kuliah, mereka kini mampu mengembangkan keahlian tersebut untuk menambah pundi-pundi rupiah. Sentra Batik Khatulistiwa adalah komunitas yang berdiri sejak 2015, mengawali karier produksi Batik khas Kalimantan Barat dari pengetahuan yang didapat dalam mata kuliah kewirausahaan di kampus Fakultas Ekonomi, Universitas Panca Bhakti Pontianak. Pada mata kuliah tersebut, dosen mengajarkan praktik membatik secara langsung.

Komunitas ini berfokus pada edukasi dan produksi. Berkat tekad yang kuat, pihak kampus akhirnya menganjurkan komunitas untuk mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun 2015. “Alhamdulillah kami lolos. Setelah itu kami melakukan magang di Yogyakarta, selama satu bulan di Batik Nakulo Sadewo di Sleman,” jelasnya.

Awalnya Sentra Batik Khatulistiwa hanya beranggotakan 10 orang. Dengan seiring waktu, saat ini yang masih aktif untuk membatik sebanyak enam anggota. Komunitasi ini tergabung dalam pusat kewirausahaan FE UPB, untuk melakukan kegiatan edukasi kepada masyarakat. Hasil kreasi mereka tak kalah saing dari batik Jawa. Mereka memproduksi kain batik tulis dan cap, dengan standar ukuran 2,5 meter. Setidaknya, Sentra batik berhasil memasarkan lebih dari 30 produknya dengan berbagai macam motif batik khas Kalbar, seperti corak insang, kantong semar, sulur-sulur Dayak dan Tugu Khatulistiwa.

Source Sentra Batik Khatulistiwa Batik
Comments
Loading...