Sentra Batik Khas Jambi

0 299
Sentra Batik Khas Jambi

Warna-warni beragam batik Jambi terpampang dan tertata rapi disetiap toko-toko sepanjang Jalan Sumantri Brojonegoro, Simpang Pulai, Jambi. Kawasan ini memang telah menjadi sentra penjualan yang khusus menjajakan batik khas Jambi.

Sekitar tahun 2003, hanya ada satu dua toko yang memulai berjualan batik jambi. Namun sekarang di sepanjang jalan tersebut, dari arah Simpang Pulai hingga Simpang Kawat telah ada sekitar 20 toko yang khusus menjual batik Jambi.

Ciri khas batik jambi, diantaranya warna-warna cenderung cerah seperti kuning, oranye, dan hijau. Sementara motifnya, ada beberapa motif yang lazim seperti angso duo atau dua angsa yang merupakan legenda Jambi. Kemudian motif kapal sanggat dan durian pecah. Bedanya dengan batik jawa, lukisan motif-motif tersebut cenderung terpisah-pisah.

Untuk kain batik jambi berbahan katun, harganya antara Rp 70.000 per dua meter. Sedangkan yang berbahan sutra harganya Rp 250.000 per dua meter. Untuk produk siap pakai, harganya lebih tinggi sekitar Rp 140.000-Rp 450.000 untuk baju batik jambi berbahan sutera.

Sepuluh tahun berdiri, sentra ini sebenarnya diisi oleh pedagang yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia batik. Masing-masing toko biasanya mampu menjual rata-rata 20 helai pakaian atau kain tiap hari. Dengan penjualan tersebut Maya dalam sebulan bisa mengantongi omzet Rp 60 juta hingga Rp 80 juta.

Salah satu pedagang batik jambi di sentra tersebut adalah Rizki, pemilik toko Rizki Batik Jambi. “Keluarga kami telah produksi batik jambi sejak 1985,” kata Rizki. Selain menjual produk buatan sendiri, Rizki juga memasok batik dari beberapa pengrajin di kampungnya Tanjung Raden. Tanjung Raden adalah salah satu sentra produksi batik di Jambi. Menurut Rizki, keberadaan sentra ini telah memudahkan masyarakat untuk membeli batik Tanjung Raden. Kampung Tanjung Raden sendiri terletak sekitar 40 kilometer dari sentra tersebut. “Selain jauh, akses ke Tanjung Raden cukup susah,” kata Rizki.

Berkat batik yang beberapa tahun ini naik daun dan dengan harga yang bersaing, sentra batik di Jambi ini kini sudah menjadi tujuan bagi masyarakat setempat dan juga wisatawan yang ingin membeli batik jambi. Jika tertarik, cukup berkendara dari pusat kota Jambi ke arah Tugu Pers Jambi di Simpang Murai. Lokasi sentra itu tidak sampai 100 meter dari Tugu Pers tersebut. Sentra ini terhitung cukup nyaman karena toko-tokonya tertata rapi, bersih dengan tempat parkir luas.

Source Sentra Batik Khas Jambi Batik
Comments
Loading...