Sentra Batik Kembangsongo

0 167

Sentra Batik Kembangsongo

Kembangsongo merupakan sentra batik tulis yang terletak di Desa Trimulyo, Jetis, Bantul yang memiliki ciri khas motif batik yang disebut batik Nitik. Motif ini terdiri dari unsur titik-titik besar dan kecil membentuk suatu pola-pola geometris, bentuk-bentuk bunga, daun, sulur, dan garis-garis panjang. Motif Batik Nitik ini sekarang dipandang oleh konsumen batik tulis terkesan monoton dan miskin inovasi bentuk dan hasil pewarnaan yang hanya berwarna biru wedel dan sogan coklat. Batik Motif Nitik yang dibuat oleh pengrajin di sentra batik Kembangsongo, merupakan salah satu motif kekayaan batik Bantul, yang mendukung kegiatan ekonomi kreatif kemasyarakatan.

Dari kegiatan membatik yang dilakukan di sentra ini, telah melibatkan kaum ibu-ibu yang menjanjikan sebagai kegiatan industri yang menjadi lapangan pekerjaan tetap bagi ibu-ibu di Kembangsongo.Hampir disetiap rumah ada yang menjadi buruh canting untuk membuat batik yang nantinya disetor kepada juragan atau konsumen yang memesan. Patut disayangkan bahwa para buruh canting tidak mengetahui proses selanjutnya, jadi para buruh canting hanya menerima upah nyanting yang relatif kecil dan banyak yang tidak tahu proses pewarnaan batik.

Perjalanan batik tulis terutama Batik Motif Nitik mengalami pasang surut dimana pengaruh kebudayaan lain, selera pasar/konsumen turut berperan besar terhadap perkembangan batik di sentra batik Kembangsongo. Ketidakmampuan pengrajin dalam menciptakan desain-desain baru batik Nitik menjadi penyebab utama, sehingga dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ciri khas Batik Nitik kurang diminati oleh konsumen batik tulis. Mereka enggan membuat desain baru kembali karena menunggu laku dijual, padahal mereka butuh uang cepat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Source https://jrd.bantulkab.go.id/wp-content/uploads/2017/2013/01jrddes13.pdf https://jrd.bantulkab.go.id/
Comments
Loading...