Sentra Batik Karawang

0 337
Batik Karawang

Sejarah batik karawang sepertinya masih menjadi misteri ada yang menulis dimulai tahun 1880 ada juga tahun 1928. Walau demikian kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan kerajinan batik salah satunya batik dari daerah Karawang.

Daerah Karawang ada pelaku usaha yang sampai saat ini masih memproduksi motif batik karawang, yaitu “Rumah Kreasi Taza (Bale Batik Taza)” yang di miliki oleh Ibu Hj Istiqomah yang terletak di dekat alun-alun Karawang. Rumah kreasi ini sudah di mulai dari tahun 2008 walaupun untuk membuat batik khas karawang ini di mulai pada tahun 2011. Dikarenakan masih susah tenaga kerja untuk membuat batiknya.

Saat ini rumah kreasi baru bisa membuat batik cap khas Karawang, untuk batik tulis belum ada yang bisa membatiknya. Walaupun batik cap proses pembuatannya masih manual tidak sama dengan batik cap pabrik. Jadi untuk kualitas bisa lebih baik.

Sudah banyak motif batik baru yang di padukan dengan kearifan lokal karawang di antaranya : motif panen raya, motif citarum, motif cigentis, cere bulu dan motif pare sagedeng. Ada sekitar 16 motif batik khas Karawang. Sedangkan harga yang di tawarkan kisaran harga dari Rp 120.000,-/lembar sampai Rp 250.000,-/lembar. Harga tergantung dari motif batik, macam kain dan banyaknya warna.

Pemasarannya sendiri saat ini baru dari mulut ke mulut, kepuasan pelanggan, dan pameran-pameran yang diadakan oleh dinas terkait di Karawang. Ada juga pesanan motif khusus yang biasanya di pakai untuk seragam dinas-dinas atau perusahaan tertentu.

Source Sentra Batik Karawang Sentra
Comments
Loading...