Sentra Batik Jember

0 256

Sentra Batik Jember

Setiap daerah memiliki ciri khas sendiri-sendiri baik dari wisatanya, seni budayanya ataupun bahasanya. Ciri khas itu adalah batik. Batik sudah banyak dikenal diberbagai kalangan dan telah ada sejak zaman dahulu yang diwariskan secara turun-temurun. Beberapa yang sudah sangat populer seperti batik Solo, batik Madura, Batik Pekalongan memiliki suatu ciri tersendiri yang khas dari corak dan warnanya. Batik-batik yang sudah populer itu, kini kota Jember pun juga ingin menampilkan batik tulisnya yang khas dengan corak dan warna yang berbeda tidak kalah dengan batik dari daerah lain. Saat ini, dunia fashion memang lagi berkembang dan beragam model sampai motif banyak tercipta tak terkecuali dengan motif batik. Motif batik kreasi baru banyak bermunculan dari ide kreatif para seniman batik dan daerah yang dahulu bukan menjadi sentra batik kini berlomba-lomba membuat ide kretif desain motif batik baru yang identik dengan wilayah masing-masing.

Sentra batik Jember berada di Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe dan Kelurahan Jemberlor Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jatim. Saat ini masyarakat diluar Jember belum banyak mengenal batik Jember karena masih kalah populer saing dengan batik-batik yang berasal dari daerah yang memang sudah dikenal sebagai daerah penghasil batik, tapi masayarakat Jember selalu melakukan inovasi dalam pembuatan motif batik nya, salah satunya dengan menambahkan ragam motif batik Jember seperti buah cokelat, biji kopi, juga buah naga. Salah satu produsen batik yang juga menjadi pioneer batik Jember mempunyai cita-cita untuk membangun kampung batik di wilayah Patrang dan menjadikan Kabupaten Jember sebagai kota batik tulis terbesar di Provinsi Jawa Timur.

Kisaran Harga

Harga kain-kain batik buatan para pengrajin batik di Jember ini juga tidak mahal  dan relatif terjangkau, seperti batik cap dengan bahan kain katun dijual seharga Rp.65.000,- hingga Rp.80.000,- per potong. Sedangkan batik tulis dengan kain katun dijual dengan harga Rp.85.000,- hingga Rp.150.000,- per potong dan yang menggunakan bahan kain sutra dijual Rp.300.000,- per potong.

Source Sentra Batik Jember Sentra Batik Jember
Comments
Loading...