Sentra Batik Indramayu

0 271

Sentra Batik

Sentra kerajinan batik Indramayu umumnya berada di pesisir meliputi Kelurahan Paoman, Desa Pabean Udik, Karang Song, Terusan, Sindang dan Dermayu. Batik Indramayu tersedia dalam beragam jenis produk mulai dari bahan belum jadi (kain) sampai produk siap pakai seperti kemeja pria dan pakaian wanita.

Batik Indramayu sudah mengalami perubahan dari segi fungsi, desain, pewarnaan, dan motif. Hal ini disebabkan dengan perkembangan zaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu menginginkan hal yang baru. Batik yang semula terikat oleh aliran-aliran, seperti pada batik tradisional, kini mengalami perubahan fungsi batik. Motif yang digunakan sudah merupakan hasil dari kreasi baru mendekati pada motif abstrak yang merupakan peralihan tradisional dan modern. Tidak banyak makna simbolis pada ragam hias batik Indramayu, karena para pembatik lebih cenderung menganggap membatik selayaknya melukis tanpa maksud apapun selain tertarik pada keindahan semata, kemudian batik sebagai komoditi ekonomi yang dibuat berdasarkan selera konsumen dan tidak memakan waktu lama dalam proses pembuatannya.

Batik Indramayu mulai dipasarkan melalui pasar nasional hingga menembus pasar internasional. Untuk tujuan luar negeri batik Indramayu sebagian besar dipasarkan ke negara-negara Timur Tengah dan negara Eropa seperti Inggris dan Perancis.

Peran Pemerintah untuk dapat melestarikan Batik Indramayu yaitu dengan cara mewajibkan PNS termasuk karyawan swasta untuk memakai batik saat bekerja. Semakin beragam batik yang terdapat di Indonesia, harus tambah bangga dengan budaya asli Indonesia agar tidak di akui oleh negara lain.

Source Sentra Batik Indramayu Batik
Comments
Loading...