Sentra Batik Hasan Memproduksi Dan Menjual Batik Khas Bandung

0 34

Sentra Batik Hasan Memproduksi Dan Menjual Batik Khas Bandung

Bandung juga mempunyai rumah industri produksi dan penjualan batik. Namanya Hasan Batik. Lokasinya berada di Jalan Cigadung Raya Timur. Pendirinya adalah Hasanudin (almarhum) pada 1975. Kini Batik Hasan Bandung di kelola oleh kelima putra putrinya. Perusahaan keluarga ini berada di bawah bendera CV Hasan Indonesia.

Batik yang tersedia di sini adalah batik tulis, batik cap dan batik kombinasi. Batik tulis dalam proses pembuatannya menggunakan canting untuk membentuk motif yang diinginkan. Adapun batik cap menggunakan cap berbahan tembaga. Batik kombinasi merupakan kombinasi antara cap dan canting.

Hasan Batik memiliki ragam hias yang mereka ciptakan yakni batik tambal (patch-work-batik) dengan efek 3 dimensi yang menggunakan proses cap, canting, colet dan celup. Desain Hasan Batik mengekploitasi ragam hias, baik ragam hias tradisional Indonesia (kawung, lereng, ceplok, dll); ragam hias geometris (titik, kotak, garis, dll); serta kombinasi antara ragam hias tradisional dan ragam hias geometris.

Hasan Batik dalam lamannya juga menyebut mengusung desain elegan yang memiliki ciri khas batik tambalnya dan warna pastel. Desain Hasan Batik turut mengikuti keinginan konsumen, dan untuk itu pata desainernya siap melayani keinginan para konsumennya.

Hasan Batik memulai pengembangan usahanya pada 1978, dan mengalami masa kejayaan hingga tahun 1997. Selain memproduksi kain batik dan baju juga membuat keperluan interior seperti tirai, seprai, sarung bantal, tatakan dan tutup gelas. Studio Hasan Batik buka mulai pukul 08.00 hingha 16.00 WIB. Adapun waktu istirahat mulai pukul 12.00 hingga 13.00 WIB.

Source https://www.serbabandung.com/ https://www.serbabandung.com/batik-hasan-mengusung-batik-khas-bandung/
Comments
Loading...