Sentra Batik : Girilayu dan Giriloyo, Dua Desa Batik

0 60

Giriloyo adalah sebuah dusun yang terletak di bawah kaki perbukitan Imogiri, Daerah Istimewa Yogyakarta. yang juga menyimpan warisan budaya batik yang luar biasa, batik tulis. Sedangkan Girilayu adalah sebuah Desa Batik di Karanganyar yang juga mewarisi budaya batik tulis yang turun temurun bahkan sejak sebelum zaman perjuangan. Persamaan kedua desa batik ini adalah sama-sama berada di sebuah desa yang sunyi dan tenang, lengkap dengan suasana pedesaan yang penuh cuitan burung-burung ketika pagi.

Selain itu sama-sama berada di kaki bukit dan cenderung orang jarang mengetahui. Selain itu, kedua desa batik ini juga merupakan daerah pecahan dari Kerajaan Mataram yang meskipun terpecah, namun wariisan budaya batik masih diteruskan oleh kedua desa ini. Dan juga para pembatik yang masih sangat tradisional dalam membuat berbagai karya batik yang indah dan menawan. Terpisah dari itu, ada perbedaan yang sedikit mencolok dari kedua Desa Batik tersebut, terlebih dalam motif dan pewarnaan, terutama pakem-pakem tertentu tentang motif yang biasa digunakan kedua Desa ini juga begitu terlihat.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/11/16/girilayu-dan-giriloyo-dua-desa-batik-berbeda-dengan-pakem-dan-motif-yang-berbeda
Comments
Loading...