Sentra Batik : Dusun Batik Tulis Tersembunyi, Babatan

0 46

Dusun Babatan berada di barat laut Desa Girilayu kalau tidak salah, dan tersembunyi di lereng Astana Mengadeg. Di bawah dusun tersebut terdapat aliran Kali Samin yang berkelok dan dibatasi hamparan sawah yang sangat luas. Dan merupakan salah satu dusun yang masih memiliki tradisi dan budaya membatik yang sampai sekarang masih turun temurun terus beregenerasi. Disini kita bisa menemukan sekitar kurang lebih 15 rumah yang semuanya pasti memiliki canting dan malam, dan penuh dengan kegiatan membatik.

Baik tua atau muda, ketika mengunjungi rumah di Dusun Babatan, isinya orang membatik. Kurang lebih 500 meter dari jalan utama di Desa Girilayu, kita bisa mencari maestro-maestro membatik yang tersembunyi di berbagai sudut rumah mereka. Tidak hanya membatik, ada juga yang membuat dan menggambarkan motif batik ke dalam kain mori. Selain itu kita bisa menemukan beliau yang masih membatik sebuah motif, motif yang langka, rumit, dan benar-benar karya yang luar biasa, Pembatik Motif Udan Liris.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/05/13/explore-desa-batik-girilayu-mencari-dusun-batik-tulis-tersembunyi-babatanindonesianbatik.id/2018/05/13/explore-desa-batik-girilayu-mencari-dusun-batik-tulis-tersembunyi-babatan
Comments
Loading...