Sentra Batik Di Sukodono

0 193

Sentra Batik Di Sukodono

Pada zaman dulu bagi sebagian besar orang Indonesia, batik hanya pantas digunakan pada kesempatan tertentu saja. Seperti untuk upacara adat, pada saat pernikahan, atau acara – acara resmi, maka sekarang penggunaan batik semakin meluas, bahkan pada masyarakat perkotaan, dimana identitas sulit digali, semakin banyak orang yang mengenakan batik dalam berbagai kesempatan dan waktu.

Kebanyakan orang mengenal Sentra batik bertempat di DI Yogyakarta, tetapi Kabupaten Lumajang juga bisa memproduksi batik dengan ciri khas motif asli daerah dari masing-masing Kecamatan, seperti motif pisang, kuda kencak, bambu, pasir semeru dan motif situs biting, yang mana sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Lumajang periode 2013-2018 yakni Satu Kecamatan Satu sentra batik. Untuk motif batik bergambar situs biting ini merupakan sebuah motif khusus dari Kecamatan Sukodono, karena situs bitung adalah icon dari Kecamatan ini.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Minak Koncak Kecamatan Sukodono berkesempatan mengunjungi salah satu pengrajin batik asal Desa Karangsari Kecamatan Sukodono yaitu Batik Sari Aji, yang mana kerajinan batik ini merupakan sebuah potensi yang harus kita kenalkan kepada masyarakat lebih luas.

Pada awalnya pengrajin batik di Desa Karangsari Kecamatan Sukodono adalah pengrajin yang memperoleh keterampilan dari Pelatihan PNPM di Kecamatan Sukodono. Kerajinan Batik Sari Aji mulai didirikan pada tahun 2013 dan dikelola oleh Ibu Siti Aisyah. Kerajinan Batik Sari Aji menggunakan jasa tenaga kerja 5 ( Lima ) Orang dengan pemasaran ke daerah sekitar Desa Karangsari. Selain itu dipasarkan juga ke luar Desa di Kecamatan Sukodono. Pengrajin Batik Sari Aji juga menerima pesanan dari instansi dan organisasi masyarakat yang ada di Kecamatan Sukodono.

Source Sentra Batik Di Sukodono Batik
Comments
Loading...