Sentra Batik di Sleman Terus Dikembangkan

0 203

Sentra Batik di Sleman Terus Dikembangkan

Potensi pada industri batik yang cukup menjanjikan mendorong pengembangan sentra batik yang ada di Sleman terus dikembangkan. Upaya untuk dapat mengembangkan sentra batik di Sleman dengan adanya regenarasi pembatik melalui pelatihan membatik bagi para pemula yang ingin belajar membuat batik.

Hal tersebut terlihat ketika sebanyak 22 orang yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga di Pedukuhan Jatisawit, Balecatur, Gamping, Sleman mengikuti Pelatihan Membatik untuk Pemula yang diselenggarakan LPPM UGM bekerjasama dengan Kelompok Batik Sekar Jatimas.

Peserta berasal dari 8 RW yang berada di lingkungan lokasi Kelompok Batik Sekar Jatimas, yakni Pedukuhan Jatisawit, Balecatur, Gamping, Sleman. Peserta terdiri dari berbagai kalangan, baik ibu rumah tangga, asisten rumah tangga, PNS dan juga dosen.

Pelatihan ini merupakan rangkaian aktivitas Pengabdian Masyarakat Pengembangan Sentra Batik dengan sumber pendanaan hibah Teknologi Tepat Guna dari LPPM UGM. Ketua Tim Pengabdian Hempri Suyana dari Fisipol UGM mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat untuk pengembangan sentra batik memasuki tahun ketiga.

Pada kegiatan di tahun 2017, pendampingan pada Kelompok Batik Sekar Jatimas difokuskan pada pengembangan kadesisasi lebih luas ke wilayah pedukuhan, pemasaran secara online melalui website, pembuatan katalog produk dan penguatan kelembagaan. Kegiatan pendampingan pengembangan sentra batik di wilayah Jatisawit ini diharapkan berkelanjutan dan menjadikan Pedukuhan Jatisawit sebagai salah satu sentra batik di Sleman, dengan Kelompok Batik Sekar Jatimas sebagai motor penggeraknya. Kelompok Batik Sekar Jatimas, yang berdiri pada 2014, memiliki potensi yang dapat dikembangkan sebagai salah satu sentra batik di Sleman. Tinggal bagaimana dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sleman dan stakeholder terkait dalam pengembangan sentra kreatif batik ini.

Source Sentra Batik di Sleman Terus Dikembangkan Batik
Comments
Loading...