Sentra Batik di Pamekasan

0 277

Pamekasan merupakan kabupaten yang paling intensif memasarkan batik, dan ingin mengidentikkan kotanya dengan sebutan kota batik. Pamekasan Kota Batik, itu slogan yang diusung. Pamekasan memberikan beberapa ruang khusus untuk pedagang batik berjualan. Gapura dan mural bernuansa batik-pun banyak kita jumpai di Pamekasan, menjadikan kotanya terlihat indah dipandang.

Ada dua tempat yang telah disediakan Pemda Pamekasan sebagai sentra batik yaitu :

Galeri Batik

Berlokasi di Jalan Jokotole Pamekasan. Untuk menuju ke Jalan Jokotole, apabila anda memasuki kota Pamekasan, dipusat kotanya berdiri monumen Arek Lancor yang merupakan landmark kota Pamekasan, putari monumen tersebut dengan mengambil ke arah kanan, kemudian didepan tower PDAM, belok kanan lagi dan langsung ambil kiri, terus, dan setelah lampu merah perempatan, persis setelah jembatan, disebelah kiri, berdiri gedung Perpustakaan Umum Pamekasan, Galeri Batik berada diarea yang sama dengan Perpustakaan Umum tersebut. Terpampang sign board ‘Galeri Batik’. Gedung dua lantai tersebut dikhususkan untuk para pedagang batik, yang menempati lantai dasar dan lantai dua.

Harganya cukup bersaing. Disamping menjual kain batik, pakaian yang siap pakaipun juga banyak dijajakan. Untuk baju misalnya, dengan minimal Rp. 60 ribu kita sudah mendapatkan baju siap pakai dengan kwalitas yang lumayan.

Sentra Batik Tradisional Pasar 17 Agustus

Berlokasi di Jalan Pamekasan. Kalau dari arah monumen arek lancor, kita mengambil ke arah kiri, melewati Pasar Sore Pamekasan, kemudian kita akan melewati lurus lampu merah pegadaian, setelahnya, didepan SMK Negeri Pamekasan, ada pertigaan, kita ambil ke kanan, lurus, memasuki Jalan Pintu Gerbang dan setelah sekitar 4 km, disebelah kiri ada pasar dan didepannya ada gerbang dengan tulisan Sentra Batik .

Pada hari-hari biasa ada puluhan pedagang batik yang membuka toko disitu, tetapi pada hari pasaran batik, yaitu hari Kamis dan Minggu, tempat ini akan jauh lebih ramai lagi, dimana pengrajin batik juga banyak yang langsung berjualan. Harga sedikit lebih murah, tetapi pandai-pandailah menawar untuk tempat tradisional seperti ini.

Untuk Sampang, tidak ada pasar khusus bagi pedagang batik, beberapa pedagang batik berpencar membuka toko sendiri, itupun tidak terlalu banyak. Sedangkan di Sumenep, ada pasar khusus untuk berdagang batik.

Source Sentra Batik Pamekasan Batik
Comments
Loading...