Sentra Batik di Cirebon akan Buka Wisata Edukasi

0 154

Sentra Batik di Cirebon akan Buka Wisata Edukasi

Para perajin batik di pasar sentra batik Trusmi di Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jabar, akan membuka wisata edukasi lokal. “Kami akan membuka wisata edukasi lokal. Bagaimana cara membatik. Cara membuat topeng dan menari topeng. Semua ciri khas Cirebon,” kata pemilik toko Batik Trusmi, Ibnu Iryanto.

Pemilik batik Trusmi mengungkapkan hal tersebut kepada Menteri Koperasi & UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga, saat berkunjung ke sentra batik tersebut, sebagaimana yang dirilis Kemenkop & UKM kepada Pos Kota, Kamis (14/1). Ibnu Iryanto menjelaskan wisata edukasi yang akan dibuka ini merupakan salah satu cara mengenalkan budaya Cirebon kepada masyarakat luas. Diharapkan bisa memberikan kesan tersendiri kepada para pengunjung.

Sekarang ini, ia mengaku wisata edukasi masih dalam pembenahan sarana dan prasarana. “Kami menginginkan budaya lokal terutama di Trusmi dan umumnya di Cirebon bisa dikenal oleh masyarakat luas,” tuturnya. Selain membatik, pihaknya juga berencana memberikan hiburan tari topeng dan juga bisa dijadikan sebuah latihan atau wisata edukasi. Menanggapi rencana ini,  Menkop & UKM, AAGN Puspayoga, berjanji siap menfasilitasi berbagai bantuan mulai dari promosi sampai permodalan. “Pasar rakyat seperti sentra batik Trusmi Cirebon ini sangat bermanfaat meningkatkan ekonomi kerakyatan. Untuk meningkatkan pemasaran, pihaknya siap mempromosikan sampai ke buyers agar bisa mengunjungi berbagai pusat kerajinan batik termasuk di Cirebon. Mengenai permodalan, pemerintah siap memberi bantuan lewat kredit usaha rakyat (KUR) yang bunganya hanya 9 persen.

Industri batik termasuk industri unggulan. Saat ini usaha batik telah melibatkan 1,3 juta tenaga kerja, dengan jumlah konsumen batik 110 juta orang. Jumlah penjualan produk batik Rp5,9 triliun. Menteri menegaskan produk batik Indonesia telah memberikan kontribusi besar. Bahkan salah satu sumber devisa non migas. Pada 2013 lalu, nilai ekspor batik mencapai 300 juta dolar AS. Bahkan satu tahun berikutnya, nilai ekspor batik  mencapai 340 juta dolar AS.

Source Sentra Batik di Cirebon akan Buka Wisata Edukasi Sentra
Comments
Loading...