Sentra Batik : Desa Girilayu, Tempat Tradisi Membatik

0 34

Desa Girilayu, desa yang berada di Kecamatan Matesih di Kabupaten Karanganyar memang sudah terkenal memiliki generasi membatik yang turun temurun bahkan mungkin sejak zaman menjadi wilayah Praja Mangkunegaran. Di sini kami lebih kesulitan menemukan sinyal daripada kegiatan yang berhubungan dengan batik. Dan kami, Prajnaparamita Indonesian Batik yang juga merupakan bagian dari Desa Girilayu sangat bangga dengan batik tulis. Ditambah lagi, kami menemukan masih banyak generasi pembatik yang masih muda.

Meskipun tidak semuanya, namun setidaknya puluhan pembatik di Desa Girilayu masih merupakan generasi muda. Generasi muda membatik [terutama perempuan] mendapatkan ilmu membatik dari orang tua mereka yang sudah lebih dulu menjadi seorang pembatik yang kami bisa menyebutnya maestro. Dikala banyak generasi muda yang “emoh”dengan budaya batik, mereka terus berkarya dengan tekun dan teliti. Sebut saja Marwanti, yang ketika kami berkunjung ke rumahnya, dia sedang menyelesaikan motif truntum yang sedang dikerjakannya. Bukan apa-apa, tetapi motif truntum butuh ketelitian dan kesabaran yang luar biasa mengingat motifnya yang kecil. Bersama sang ibu yang sedang terlihat membatik motif klasik sidomukti.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/04/09/desa-girilayu-tempat-para-generasi-muda-melanjutkan-tradisi-membatik
Comments
Loading...