Sentra Batik Dermo

0 258

Sentra Batik Dermo

Sentra Batik Dermo pada awalnya hanya sekumpulan para ibu rumah tangga yang ingin menyalurkan hobinya yaitu membatik. Tidak disangka, hasil kerajinan mereka mendapat apresiasi dari masyarakat saat mengikuti pameran dan ekspo yang digelar pemerintah daerah. Dari situ lalu berkembang lebih serius hingga berkali-kali mendapat kesempatan belajar desain dan teknik membatik dari para ahli di Jawa Tengah maupun Jogjakarta. Serkarang ini di Kelurahan Dermo telah ada 40 anggota kerajinan batik. Mereka melakukan aktifitas membatik di rumah masing-masing kecuali mendapat order besar yang membutuhkan keseragaman motif dan warna, mereka akan berkumpul.

Dalam waktu sebulan, usaha mikro ini mampu menghasilkan 5 potong kain tiap anggota, dengan omset masing-masing anggota Rp 2 juta. Larisnya penjualan kain batik ini rata-rata bermotifkan jaranan, selain itu juga ikon-ikon Kediri menjadi bahan motif, seperti monumen Simpang Lima Gumul, burung Wilis Mukti, Gethuk Pisang, dan Tahu Kuning.

Sementara itu, diharapkan pemerintah juga ikut serta dalam pengembangan industri kecil, mulai dari pemasaran, serta pelatihan-pelatihan yang menunjang kreatifitas pengrajin. Selain sentra Batik Dermo juga terdapat sentra batik lainnya Sentra Batik Kediri yang terdapat di Jl. KH Dewantoro 74 Sekoto, Badas Pare, Kediri. Di sentra tersebut memproduksi berbagai macam jenis motif batik tulis, batik sasirangan, jumputan, batik tenun ikat, dan lain-lain. Produk batik dari sentra kerajinan batik Kediri akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Source http://agtvnews.com/ http://agtvnews.com/2016/10/batik-kediri-motif-jaranan.html
Comments
Loading...