Sentra Batik Cilacap

0 220
Sentra Batik Cilacap

Cilacap merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang langsung berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat. Cilacap merupakan daerah pertemuan budaya Jawa Banyumasan dengan budaya Sunda (Priyangan Timur). Kabupaten Cilacap memiliki berbagai budaya yang khas dan unik, salah satunya budaya membatik yang sudah menciptakan batik khas Cilacap.

Hasil produk batik tulis tradisional asli Cilacap banyak diminati para kolektor batik di Asia Tenggara, Korea, Jepang dan Eropa. Kini produk tersebut bahkan sudah bisa dijumpai di Julia Van Causal Boutiq, Toohool Boutiq dan Sossumi Boutiq di London, Inggris dan sejumlah butik di Belanda.

Batik Cilacap

Sentra produksi batik di Kabupaten Cilacap sekarang ini ada di Kecamatan Maos Cilacap dan kemudian berkembang ke Nusawungu dan beberapa desa di wilayah Cilacap bagian timur. Produksi batik Cilacap dikelola oleh 2 kelompok usaha wanita Batik Rajasa Mas di desa Maos Lor dan Kencana Desa Maos Kidul.

Kabupaten Cilacap memiliki potensi batik tulis Maos yang telah mendunia, merupakan suatu kekayaan warisan luhur budaya bangsa yang perlu dilestarikan. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk mendukungnya, misalnya dengan mengikutsertakan dalam pameran-pameran baik nasional maupun internasional, memperluas pemasaran produk, menjamin ketersediaan bahan baku dan yang penting adalah dilakukannya regenerasi para pembatik karena selama ini cenderung dilakukan oleh generasi tua. Peran Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap terhadap pelestarian batik masih sangat kurang. Peran pemerintah biasanya hanya sebatas memberikan pelatihan yang intensitasnya sangat jarang dan tidak rutin. Selain itu pemda hanya memberikan informasi ketika akan ada pameran.

Source Sentra Batik Cilacap Batik
Comments
Loading...