Sentra Batik Blora

0 248

Hampir sejumlah di Jawa Tengah selama ini memiliki motif batik khas masing-masing, termasuk Kabupaten Blora juga memiliki batik tulis khas. Meskipun belum setenar daerah lainnya, batik khas Blora juga mulai diminati konsumen dari berbagai daerah di Tanah Air.

Kabupaten Blora memang dikenal dengan hasil buminya, seperti minyak dan gas bumi, sedangkan barongan merupakan kesenian lokal yang coba dilestarikan, sedangkan satai merupakan makanan yang dianggap khas dan cukup populer di Kota Blora, demikian halnya sedulur sikep. Motif Batik Blora sangat kental dengan budaya lokal sehingga Batik Blora berbeda dengan motif maupun corak dengan daerah lainnya.

Sentra batik khas Blora di antaranya Galeri Batik Mustika yang ada di Jalan Nusantara, Desa Blumbungan, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora. Selain itu ada Sentra batik yang terdapat di Kecamatan Cepu. Selain itu masyarakat juga bisa melihat Batik Blora di ruang pamer Dekranasda di gedung Samin Surosentiko sebelah barat kantor Bupati Blora jl. Pemuda No. 12.

Pemerintah melakukan upaya untuk dapat memperkenalkan Batik Blora ke khalayak umum yaitu dengan diadakannya kirab budaya Kabupaten Blora yang menampilkan kostum-kostum unik berbahan Batik Blora. Selain itu Pemerintah setempat juga mewajibkan PNS dan anak sekolah untuk memakai batik pada hari tertentu. Pemerintah membantu pengrajin dalam masalah pemasaran dan harga. Selain itu Pemerintah juga mendaftarkan hak paten terhadap motif tertentu agar dijadikan motif khas Blora. Menggunakan Batik Blora berarti mendorong majunya perekonomian masyarakat serta menciptakan lapangan pekerjaan juga mendorong masyarakat untuk mandiri.

Source Sentra Batik Blora Batik
Comments
Loading...