Sentra Batik Betawi Bakal Hadir di Marunda

0 200

Sentra Batik Betawi Bakal Hadir di Marunda

Semangat para perajin Batik Betawi untuk lebih solid mendorong mereka membangun Sentra Batik Betawi. Hal ini dilakukan agar masyarakat Betawi memiliki pusat studi budaya khususnya pada kerajinan batik. Keluarga Batik Betawi (KBB) adalah sang perintis. Rencananya pada awal Juni 2016 ini para perajin Batik Betawi akan membangun pusat Kerajinan Batik Betawi di area Marunda Center Bekasi. Pusat Kerajinan Batik ini akan berdiri di atas Lahan seluas 2,74 hektare di dalam Kawasan Marunda Center Bekasi.

Tatang Hidayat merupakan pembina KBB, pembangunan itu merupakan respons KBB atas dukungan Jokowi dan pemerintah DKI. Saat menjadi Gubernur DKI Jokowi pernah menjanjikan akan membangun Sentra Batik Betawi di kawasan Rusun Marunda yang masuk dalam wilayah DKI Jakarta. Awalnya sentra kerajinan Batik Betawi masih di daerah Situ Babakan yang lahannya sangat terbatas.

Aktivis kebudayaan dan aktivis Banser ini menambahkan, seiring tren batik yang meningkat, serta banyaknya masyarakat yang ingin terlibat, maka pusat pembelajaran mutlak dibutuhkan. “Sekarang Pak Jokowi sudah jadi Presiden. Kami yakin dukungan beliau tentu lebih total. Apalagi kami cukup mandiri, kebetulan Engkong Sukra, ayah salah satu pembina KBB ikhlas mewakafkan sebagian tanahnya seluas 2.744 ha di Marunda Center¬† digunakan untuk kemajuan Batik Betawi,” kata Tatang.

Rencananya, pemasangan patok tanah di kawasan marunda center ini akan dihadiri sejumlah tokoh Betawi, seniman betawi, dan perwakilan ormas-ormas Betawi lainnya. Beberapa pejabat yang peduli dengan kebudayaan Betawi juga menyatakan dukungannya dan siap hadir.

Source Sentra Batik Betawi Bakal Hadir di Marunda Sentra Batik
Comments
Loading...