Sentra Batik Banyuwangi

0 483

Sentra Batik Banyuwangi

Kota Banyuwangi memiliki beberapa sentra pembatikan salah satu tempatnya adalah Desa Kemiren di Kecamatan Glagah. Di Desa adat ini masyarakat masih menyimpan batik motif asli Kemiren yang sudah berusia ratusan tahun. Desa Kemiren sudah banyak menghasilkan banyak motif yang asli dari suku Using. Diantara motif yang sudah dibuat seperti motif Sembruk Cacing, Gajah Oling, Umah Tawon, Kopi Pecah, Gedheg’an, Gajah Mungkung, Paras Gempal, Srimpet, Wader Kesit, Kangkung Setingkes, Lakaran, Juwono, Gringsing, Garuda Mungkur, dan Sekar Jagad.

Motif batik tulis asli Desa Kemiren hingga saat ini masih dipertahankan. Namun ada beberapa diantaranya yang memilki tingkat kerumitan pembuatannya yang sulit untuk ditiru pengrajin saat ini. Seperti motif gringsing yang guratan motifnya kecil dan memanjang yang pengerjaannya menggunakan canting yang berukuran kecil dan begitu pula degradasi pewarnaan yang dipakai.

Selain itu ada sentra batik Banyuwangi yang terdapat di Sayu Wiwit, Tirta Wangi, Sritanjung, dan Srikandi yang terletak di kecamatan Banyuwangi, Virdes Batik di Kecamatan Cluring. Masing–masing sentra pembatikan memiliki ciri khas, yang mencolok adalah Sanggar batik Sayuwiwit dan Virdes. Sayuwiwit tetap mempertahankan motif batik Banyuwangi secara konvensional, berdasarkan pakem lama hanya memainkan warana dan memadukan corak, sedangkan Virdes mengembangkan Batik Banyuwangi, memadukan pakem dan permintaan konsumen.

Untuk di Kecamatan Kabat terdapat Batik Pringgokusumo di Desa Labanasem. Pembuatan batik ini lebih mirip sebuah industri rumahan, dimana terdapat satu ruang pamer tempat untuk pembuatan batik cetak, penjemuran, dan pencelupan.

Source Sentra Batik Banyuwangi Sentra
Comments
Loading...