Sentra Batik Banjarnegara

0 308

Sentra Batik Banjarnegara

Desa Gumelem Wetan dan Gumelem Kulon Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara terdapat sentra kerajinan batik. Inilah kenapa dikenal dengan nama Batik Gumelem. Gumelem berjarak sekitar 40 KM ke arah barat daya dari Ibu Kota Kabupaten Banjarnegara. Di tempat ini banyak terdapat puluhan industri rumahan yang tergabung dalam komunitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) produk kerajinan batik tulis Banjarnegara atau Batik Gumelem.

Untuk dapat mencapai kawasan sentra batik ini bisa juga ditempuh lewat Kabupaten Banyumas, tepatnya di pinggir jalan raya Susukan. Di situ terpampang gapura besar bertuliskan Sentra Batik Gumelem Banjarnegara. Anda bisa mengunjungi gerai-gerai kecil yang menyatu dengan rumah warga. Para pengrajin batik biasanya memajang koleksi batiknya baik yang sudah berbentuk pakaian jadi di ruang tamu. Selain berburu batik, tentunya juga bisa melihat proses pembuatan batik secara langsung.

Image result for Sentra Batik Banjarnegara

Pemasaran Batik Gumelem ini memang belum seluas batik lainnya, masih sebatas untuk konsumsi masyarakat lokal. Namun bukan berarti tidak ada upaya untuk terus mengembangkan dan mendukung industri kecil rumahan sekaligus melestarikan warisan budaya lokal. Pemerintah Kabupaten Banjarnegara yang mewajibkan pemakaian batik pada hari-hari tertentu. Termasuk dalam acara-acara budaya di Kabupaten Banjarnegara. Salah satunya adalah Ibu Mirah yang memulai usahanya dari tahun 2007, pernah mendapat pesanan seragam batik untuk acara Festival Sungai Serayu beberapa waktu yang lalu.

Dengan mempekerjakan beberapa pembatik yang juga merupakan tetangganya, dia berusaha memenuhi pesanan para pelanggannya. Mulai dari seragam sekolah, seragam kantor maupun seragam acara-acara khusus. Harga  satu kain batik kombinasi  (proses cetak dan tulis) yang ditawarkan dibanderol dengan harga berkisar Rp. 70 ribu sampai Rp. 90 ribu rupiah, sedangkan untuk yang 100 persen tulis harganya bisa mencapai Rp. 200 ribu rupiah. Tentunya bukan harga yang mahal untuk sebuah karya seni.

Source Sentra Batik Banjarnegara Sentra
Comments
Loading...