Sentra Batik “Asli – Gajah Uling” Banyuwangi

0 15

Sentra Batik “Asli – Gajah Uling” Banyuwangi

Temenggungan merupakan sentra pengrajin batik asli banyuwangi, yg telah mendapat pengakuan baik dari tingkat propinsi maupun nasional. Mulai dari pengrajin muda, hingga sesepuh yang tau dan mengerti benar tentang asal usul batik asli using. Jika di bandingkan dengan batik gajah oling dari kawasan / daerah lain di Kabupaten Banyuwangi, batik asli karya seniman warga Temenggungan ini jauh lebih halus karena tahapan demi tahapan di kerjakan secara seksama walaupun masih menggunakan cara – tradisional.
Di era serta zaman yang serba modern ini, banyak sekali pengrajin batik yang ada. tapi, kebanyakan dari para pengrajin tersebut telah meninggalkan cara – cara yang membuat batik tulis / batik tangan karya para seniman. Mulai dari cara cap, sablon hingga printing. hal – hal seperti itu lah yang membuat para pengrajin tradisional mulai terpinggirkan.

Inilah salah satu, wajah sesepuh pengrajin batik asli Banyuwangi, yang hingga kini masih eksis untuk menginspirasikan sentuhannya dalam bingkai garis – garis kain batik sebagai wujud kebesaran karya batik asli orang using.

Batik asli Banyuwangi bermacam – macam nama dan motif, mulai dari motif ” Gajah Uling ” yang sudah terkenal hingga di mancanegara, sampai motif kangkung setingkes, pecah kopi, serta motif terbaru dan modern, sebagai trend mode yang mengikuti perkembangan zaman. Walaupun demikian, batik asli (warga Temenggungan) Banyuwangi tidak pernah meninggalkan motif pakem (aslinya) sebagai tonggak awal berdirinya batik banyuwangi.

Source http://laretemenggungan.blogspot.com/ http://laretemenggungan.blogspot.com/2014/04/sentra-batik-asli-gajah-uling-banyuwangi.html
Comments
Loading...