Seni Batik Wonosobo

0 276

Seni Batik Wonosobo

Indonesia telah dikenal secara luas sebagai negara yang memiliki kesenian batik yang memiliki banyak motif. Keindahan motif yang ada di negara kita ini memiliki banyak jenis dan memiliki perbedaan dari satu wilayah dengan wilayah lainnya. Begitu juga daerah Wonosobo. Seni pembuatan batik dan juga berbagai macam motif batik ini banyak dikerjakan oleh penduduk Wonosobo yang berada di daerah Talunombo.

Motif batik yang mengangkat ciri khas dari Kabupaten Wonosobo ini diharapkan selain dapat mengangkat kesenian batik dari kota ini juga dapat lebih membuat kota ini dengan budaya yang dimilikinya jauh dikenal secara lebih luas oleh masyarakat Indonesia maupun juga oleh masyarakat luar negeri. Motif batik dengan bentuk carica dan juga bentuk tumbuhan purwaceng ini adalah motif batik yang dikembangkan oleh masyarakat Talunombo. Melalui karang taruna desa tersebut motif batik dengan ciri khas Kabupaten Wonosobo ini diharapkan dapat berkembang dengan pesat dan nantinya dapat bersaing dengan kota-kota besar yang telah lebih dahulu memiliki motif batik khas mereka.

Pembuatan motif batik khas dari Kabupaten Wonosobo ini diawali pada tahun 2008 dan merupakan salah satu program daerah tersebut dalam rangka meningkatkan pendapatan dan juga keterampilan masyarakatnya. Hasil dari pelatihan tersebut ternyata dapat membuat sebuah motif batik yang indah dan khas dari Kabupaten Wonosobo dan keberhasilan ini kemudian menjadi inspirasi warga lainnya untuk mulai melakukan pembuatan batik khas daerah tersebut.

Source http://bibolbatik.blogspot.co.id/ http://bibolbatik.blogspot.co.id/2016/02/motif-batik-wonosobo.html
Comments
Loading...