Seni Batik Trenggalek

0 88

Seni Batik Trenggalek

Kota Trenggalek pada sekitar tahun tujuh puluhan hingga tahun delapan puluhan merupakan sebuah daerah yang terkenal dengan seni batik tulis yang dibuat oleh masyarakatnya. Bahkan pada masanya Seni Batik Trenggalek bahkan jauh lebih terkenal dari kotanya itu sendiri. Daerah yang menjadi pusat pembuatan di wilayah Trenggalek ini dapat dijumpai di daerah kelurahan Sumbergedong dan juga kelurahan Surondakan kecamatan kota Trenggalek. Di kedua wilayah ini pada masa tahun 1980an dapat dijumpai ratusan orang yang bekerja menjadi seniman batik tulis. Daerah ini telah menjadi pusat pembuatan batik yang membuat seni batik sangat terkenal di wilayah ini.

Seni batik di wilayah ini membuat berbagai jalan dan juga gang yang ada di daerah ini banyak yang menggunakan nama yang memiliki nuansa batik seperti gang Sidomukti, gang Parang Kawung, Gang Gringsing dan juga berbagai nama batik lainnya. Seniman batik dari Trenggalek cuku banyak yang terkenal diantaranya adalah Suparni, Sukono dan juga Banyak Nyoto. Pada masa kejayaan mereka di sekitar tahun delapan puluhan, sanggar batik mereka dapat membuat hingga tiga ratus lembar batik tiap 5 harinya. Pada masa itu para seniman batik ini cukup kerepotan untuk dapat memenuhi permintaan dari masyarakat.

Pusat batik di daerah ini hanya menjadi nama dan banyak industri batik yang tutup karena terjadi krisis pada tahun 1998. Saat ini yang tersisa hanya nama-nama gang yang memperlihatkan sisa kejayaan daerah ini sebagai pusat batik. saat ini daerah dan juga rumah penduduk yang pada zaman dahulu merupakan toko batik yang ramai, saat ini telah berubah bentuk usahanya dan banyak yang menjadi berbagai macam toko lain seperti toko kelontong, dan juga banyak dari penduduk daerah ini yang menjadi petani dan juga ada yang bekerja serabutan. Di desa ini masih dapat kita jumpai satu atau dua orang yang masih bertahan dan menjalankan profesi mereka sebagai seniman batik. walaupun begitu ternyata pekerjaan ini hanya mereka lakukan sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan dan bukan sebagai pekerjaan utama mereka. Sehingga secara umum seni batik di wilayah ini dapat disimpulkan sebagai telah mati.

Source Seni Batik Trenggalek Batik
Comments
Loading...