Seni Batik Tegal

0 77

Seni Batik Tegal

Kota Tegal merupakan kota yang berada di daerah pesisir utara laun Jawa dan para penduduk di daerah Tegal ini banyak yang mengandalkan hasil laut sebagai mata pencahariannya. Tegal terletak di lokasi yang sangat baik, salah satunya karena ada kota ini terletak di jalur pantai utara dan juga terdapat di daerah persimpangan jalur utama yang menjadi penghubung antara pantura dengan berbagai daerah yang ada di daerah selatan pulau Jawa ini. Dengan lokasinya yang sangat baik dan juga gampang dicapai dari berbagai daerah, kota Tegal ini juga menjadi tempat seni pembuatan batik berkembang. Batik yang pertama kali ada di Kota Tegal ini diperkirakan pada akhir abad ke sembilan belas.

Seni batik di daerah Tegal pertama kali diperkenalkan oleh raja dari keraton Kasunanan Surakarta yang pada waktu itu sedang dalam perjalanan menyusuri pantai utara. Pada masa itu turut serta para seniman batik yang ikut dengan sang Raja. Para seniman batik kemudian memberikan pelajaran mengenai batik kepada anak cucu mereka dan akhirnya seni ini juga menjadi sebuah seni yang tidak hanya dikenal di keraton tetapi telah menjadi kesenian miliki masyarakat luas.

Seniman batik di kota Tegal ini pada umumnya telah membuat berbagai macam motif baju batik ini sejak cukup lama dan telah menjadi usaha turun temurun dalam keluarga di kota Tegal ini. Bahan warna yang dipakai pada masa awal pembuatan batik di kota ini adalah jenis bahan alami yang diperoleh dari lingkungan sekitar Kota Tegal ini. Beberapa bahan alam yang mereka pakai diantaranya adalah pace, nila dan juga soga kayu. Untuk bahan dasar kain yang mereka pergunakan pada umumnya merupakan kain yang berasal dari hasil tenunan masyarakat kota Tegal.

Source Seni Batik Tegal Batik
Comments
Loading...