Seni Batik Tasikmalaya

0 35

Seni Batik Tasikmalaya

Salah satu yang dapat terlihat pada Kota Tasikmalaya adalah perkembangan seni pembuatan batik yang ada di kota Tasikmalaya. Motif Batik yang dibuat oleh seniman batik Tasikmalaya ini adalah motif yang masuk ke dalam golongan batik priangan atau biasa juga disebut sebagai Motif Batik Parahyangan. Motif Batik Tasikmalaya ini juga hampir sama dengan motif batik yang dibuat di daerah Jawa Barat lainnya yang banyak menggunakan warna dengan jenis cerah dan juga berani. Para seniman batik Kota Tasikmalaya ini sering menggunakan Motif Batik yang warnanya merupakan permainan dari warna ungu dan juga warna merah muda kemudian antara warna merah dan biru, kemudian warna kuning dan juga warna oranye dan beberapa permainan warna lain yang membuat Motif Batik Tasikmalaya ini menjadi sangat unik dan banyak disukai oleh orang.

Warna khas dari batik kota ini adalah warna yang mencolok mata dan dengan menggunakan motif dan juga warna yang sangat menarik ini membuat batik yang di produksi oleh seniman dan pembuat batik di wilayah ini menjadi sangat indah dan juga cantik ketika dipakai dan juga dipandang. Seni batik di wilayah ini menurut cerita masyarakat yang ada mulai dikenal pada masa kerajaan Tarumanegara sehingga batik yang ada di daerah ini telah berusia sangat tua dan memiliki sejarah yang panjang. Pembuatan batik pada masa kerajaan tersebut sangat mendapatkan dukungan dengan banyaknya tumbuhan pohon tarum.

Dengan adanya pohon tarum ini seni batik di daerah ini menjadi sangat unik dengan bantuan pohon tarum ini. Daerah di Tasikmalaya yang terkenal dengan peninggalan batik nenek moyang mereka diantaranya dapat ditemui di wilayah Mangunreja, Sukapura, Wurug, daerah Manronjaya dan juga di daerah Tasikmalaya kota. Daerah Sukapura pada masa dahulu merupakan salah satu wilayah yang banyak dituju oleh penduduk jawa Tengah yang mengungsi karena ada nya peperangan di kerajaan Jawa pada masa tersebut. Para penduduk ini kemudian dalam pengungsian nya tetap melakukan seni batik dan pada akhirnya menjadikan seni batik wilayah ini juga berkembang dengan motif khas mereka.

Source Seni Batik Tasikmalaya Batik
Comments
Loading...