Seni Batik Sumedang

0 173

Seni Batik Sumedang

Seni pembuatan batik di daerah Sumedang mulai dikenal secara luas pada sekitar tahun sembilan puluhan. Pembuatan batik ini sehubungan dengan perkembangan batik dan juga terjadinya hubungan budaya dengan suku lain dan juga disertai dengan kreativitas dari masyarakat daerah ini yang membuat motif batik yang khas dengan daerah mereka. Pada tahun sembilan puluhan seni pembuatan batik di daerah ini mengalami perkembangan yang cukup pesat namun pada tahun 2004, seni pembuatan batik di daerah ini mengalami penurunan dan juga banyak para pengusaha baju batik di daerah ini yang mengalami kerugian.

Masuknya kain yang menggunakan motif batik yang dibuat dengan teknik printing atau sablon. Dengan muncul dan masuknya kain dengan motif batik yang berharga murah ini membuat kain batik dengan motif Sumedang secara perlahan mulai tersingkir dan menghilang dari pasaran. Seni batik di daerah Sumedang ini memang masih terbilang baru dan tidak diketahui secara luas oleh masyarakat banyak.

Seni batik di daerah ini tingkat populernya masih jauh berada di bawah daerah Jawa Barat yang telah terkenal dengan seni batik milik mereka seperti Batik Cirebon dan juga batik yang dibuat oleh masyarakat Garut. Seni batik di daerah Sumedang ini sudah cukup sulit dijumpai karena seniman dan juga pengusaha batik di daerah ini sudah sangat jarang ditemui dan memiliki jumlah yang sangat sedikit. Motif batik khas yang berasal dari daerah Sumedang merupakan motif batik yang berasal dari warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Sumedang sehingga motif batik daerah mereka memiliki keunikan dan juga memperlihatkan ciri dari daerah Sumedang.

Source Seni Batik Sumedang Batik
Comments
Loading...