Seni Batik Sukabumi

0 411

Seni Batik Sukabumi

Daerah Sukabumi sebenarnya telah mengenal seni batik sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Tetapi seni dan juga pembuatan batik di daerah Sukabumi sempat terhenti karena kurangnya seniman batik ahli yang mau meneruskan usaha batik mereka tersebut. Sejak tahun 2011, seni pembuatan batik mulai kembali menggeliat dan dikenal oleh masyarakat luas. Batik Sukabumi yang beberapa puluh tahun saat ini mulai dikenal dengan seni dan juga industri pembuatan berbagai macam model batik yang khas dari daerah Sukabumi. Berbagai macam hal yang khas dari kota ini telah di buatkan Motif Batiknya mulai dari hewan penyu hingga daun kole telah memiliki Motif Batik khasnya masing-masing.

Selain itu masih banyak lagi Motif Batik khas Sukabumi yang memperlihatkan alam khas dari kota ini seperti bentuk gunung, rimba, laut dan juga pantai yang kemudian dikenal dengan singkatan Batik Gurilap. Motif Batik yang dibuat oleh para seniman di kota ini memiliki hasil yang sangat baik dan telah menarik minat banyak kalangan di masyarakat untuk memilikinya. Pesanan Batik Sukabumi pun telah berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia bahkan luar negeri.

Para pengusaha batik yang ada di Kota Sukabumi masih belum terlalu banyak dan baru mencapai sekitar 22 orang seniman batik. Angka yang diharapkan muncul dari industri batik adalah sekitar 50 tenaga ahli pembuat batik sehingga dapat membuat produksi batik di daerah ini meningkat dengan tajam. Pengembangan seni batik di daerah Sukabumi memang diakui masih menemui banyak kendala. Selain terbatasnya tenaga ahli dalam seni batik, juga masih ada kendala dari jumlah alat dan juga bahan untuk membuat batik yang masih sangat terbatas. Batik khas dari Sukabumi ini telah diresmikan oleh pemerintah daerah setempat dan diharapkan dapat bersaing juga di kancah batik nasional dan berkembang menjadi industri baju batik yang besar.

Source Seni Batik Sukabumi Batik
Comments
Loading...