Seni Batik Situbondo

0 226

Seni Batik Situbondo

Seni batik di daerah Situbondo dimulai di daerah Desa Selowogo yang masuk dalam kecamatan Bungatan. Batik dari daerah ini diberi nama dengan sebutan Batik Lente. Setelah mengalami kemunduran dalam produksi batik di wilayah Situbondo, seni batik di daerah ini kembali mulai muncul dan berkembang pada tahun 1994 di daerah desa Selowogo. Motif batik di daerah ini memiliki nama batik yang sangat unik yaitu motif batik bujuk lente. Nama motif batik ini diperoleh dari nama orang yang mendirikan desa Selowogo.

Seni batik di daerah ini menghadapi beberapa kesulitan dan juga berbagai macam halangan untuk mereka dapat berkembang. Beberapa hal yang menghalangi batik di daerah ini berkembang adalah terjadinya krisis ekonomi, kekurangan modal dari pada seniman batik dan juga sempat terjadinya bencana alam di daerah ini yang menghancurkan berbagai macam aset batik dan pembuatan batik milik mereka. Walaupun menghadapi berbagai macam tantangan, masyarakat daerah ini sangat semangat untuk dapat mengembangkan kerajinan batik daerah ini.

Pemberian nama pada Batik Lente diperoleh dari teknik membuat batik yang dilakukan oleh nenek moyang masyarakat Situbondo. Motif batik ini menggunakan bantuan dari lidi atau dalam Bahasa Madura adalah lente. Namun itu adalah kenangan masa lalu, saat ini seniman batik di daerah ini telah menggunakan canting batik dalam pembuatan batik mereka. Motif Kerang dipilih sebagai motif batik yang khas daerah mereka oleh para nenek moyang, karena konon para leluhur tersebut melihat potensi daerah Sitobondo ini yang sebagai besar daerahnya berada di wilayah pantai.a

Source Seni Batik Situbondo Batik
Comments
Loading...