Seni Batik Sidoarjo

0 140

Seni Batik Sidoarjo

Seni Batik Sidoarjo pada umumnya dibeli oleh para pendatang dan juga masyarakat yang berasal dari daerah Madura. Sehingga untuk memenuhi keinginan dan juga mengikuti kehendak para pembeli tersebut maka para seniman batik dari kota ini kemudian mulai membuat motif batik yang memakai warna-warna yang cerah dan mencolok mata. Tingginya permintaan dari masyarakat Madura ini membuat seniman batik Kota Sidoarjo ini kemudian lebih banyak membuat motif batik yang lebih menyerupai Motif Batik Madura.

Seni pembuatan batik yang dilakukan oleh para seniman batik di daerah ini pada umumnya masih menggunakan cara tradisional dan menggunakan teknik batik tulis. Sementara untuk penggunaan warna batik yang digunakan oleh para seniman ini pada umumnya masih memakai warna yang berasal dari alam sehingga memiliki kualitas yang sangat baik. Batik dengan motif dari Sidoarjo ini pada umumnya dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu Motif Batik Tradisional dan Motif Batik Kontemporer. Pada motif batik dengan jenis tradisional pada umumnya motif batik yang dijadikan ide dasar oleh para seniman daerah ini masih merupakan motif batik yang berasal dari kekayaan alam yang dimiliki oleh daerah Sidoarjo.

Motif Batik Tradisional yang dibuat oleh masyarakat sidoarjo ini pada umumnya merupakan motif batik yang dibuat sebagai sebuah wujud rasa syukur terhadap segala hal yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Sementara untuk golongan Motif Batik Kontemporer yang dibuat oleh masyarakat daerah ini pada umumnya merupakan motif batik yang memiliki kebebasan dan juga merupakan hasil dari ekspresi yang dimiliki oleh para seniman batik tersebut. Motif Kontemporer ini pada umumnya merupakan motif yang sangat disukai oleh masyarakat luas.

Source https://batikbiboll.weebly.com/ https://batikbiboll.weebly.com/blog/pengaruh-dalam-batik-svidoarjo
Comments
Loading...